Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingkah SOP bagi BUMG?

Pentingkah SOP bagi BUMG?

Badan Usaha Milik Gampong adalah sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh Gampong melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan Gampong yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha-usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Gampong.

Sebagai sebuah badan usaha yang diprakarsai oleh Pemerintah Gampong bersama masyarakat dan berbadan hukum perdes, tentunya dibutuhkan acuan atau seperangkat aturan tertulis dalam mengelola usaha BUMG.

Lalu, seberapa Pentingkah SOP bagi BUMG?

Berikut beberapa alasan mengapa BUMG memerlukan Standar Operasional Prosedur.
  1. Keberadaan SOP BUMG sangat dibutuhkan, dalam rangka menjamin pengelolaan BUMG berjalan secara profesional, seperti halnya pengelolaan badan usaha lainnya.
  2. SOP BUMG juga berfungsi sebagai alat kontrol dalam mencegah kegagalan usaha dan konflik kepentingan di internal Gampong.
  3. SOP BUMG dapat memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi berjalan dengan aman dan dan konsisten. Seperti dalam penyusunan laporan keuangan BUMG dan kegiatan usaha, dll.
  4. Dengan tersedianya SOP BUMG juga dapat mengatisipasi penyelewengan dana dan memudahkan dalam melakukan evaluasi kinerja pengurus oleh komisaris, juga memudahkan direktur dalam mengevalusi kinerja karyawan BUMG.
Jika Sobat desa membutuhkan contoh SOP BUMG! DOWNLOAD DISINI