Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Buku Panduan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Download Buku Panduan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 
Download Buku Panduan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

UU 6/ 2014 Tentang Desa memberikan ruang kepada Desa yang seluas-luasnya untuk membangun Desa sesuai potensi yang dimiliki dengan mengedepankan partisipatif masyarakat. Karakteristik, Tipologi dan potensi Desa merupakan sumberdaya lokal dan aset Desa sebagai dasar dalam menentukan arah pembangunan Desa berbasis partisipatif guna mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Salah satu bentuk pembangunan dalam rangka penguatan ekonomi di Desa adalah melalui pembentukan BUMDes sebagai kelembagaan ekonomi Desa dalam pemanfaatan dan pendayagunaan sumberdaya lokal dan/atau aset yang dimiliki Desa untuk berkelanjutan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Kemendes PDTT mendorong pembangunan Desa melalui 3 (tiga) pilar utama, yaitu Pembangunan Jaring Komunitas Wira Desa, Lumbung Ekonomi Desa dan Lingkar Budaya Desa. Salah satu upaya pembangunan Lumbung Ekonomi Desa adalah pembentukan BUMDes, dengan prioritas usaha di bidang pengelolaan sumberdaya alam, induslri pengolahan berbasis potensi sumberdaya lokal/aset, Jaringan distribusi/pemasaran, sektor keuangan/permodalan, dan pelayanan publik. Kondisi tipologi. karakteristik dan kebutuhan masyarakat merupakan pertimbangan utama dalam menentukan alternatif perencanaan usaha BUMDes.

Selanjutnya Download Buku Panduan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). DOWNLOAD DISINI