Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas

Download Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas
Download Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas

Yang dimaksud dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Puskesmas diatur kembali dengan Peraturan Menteri Kesehatan yang baru yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2O19 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2O19 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat disebutkan bahwa Puskesmas adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskes). Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Puskesmas adalah UKM tingkat pertama. UKM dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2O19 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dijelaskan bahwa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat. Sedangkan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.

Selengkapnya silakan Sobat Download Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2O19 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. DOWNLOAD DISINI