Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA DAFTAR BLT IBU RUMAH TANGGA RP 2,4 JUTA


Simak berikut ini merupakan cara mudah daftar BLT ibu rumah tangga tahun 2021 sebesar Rp 2,4 Juta berikut ini. Bantuan Langsung Tunai atau disingkat dengan BLT merupakan sebuah program pemerintah yang dikelola oleh Kemensos atau Kementerian Sosial.

Terdapat beberapa jenis bantuan langsung yang disalurkan pemerintah yaitu BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH), Subsidi Listrik dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan-bantuan ini disalurkan oleh pemerintah dalam rangka mengembalikan ekonomi negara kita pasca mengalami pandemi virus Covid-19.

BLT Ibu Rumah Tangga

Salah satu bentuk program BLT yang saat ini dijalankan kemensos adalah BLT ibu rumah tangga. Bantuan yang dikhususkan bagi ibu rumah tangga ini akan diberikan sepanjang tahun 2021.

BLT ibu rumah tangga akan kembali dicairkan pada bulan Maret 2021, Kemensos akan memberikan bantuan berupa uang dengan jumlah Rp 2,4 juta. Bantuan ini akan diberikan dalam setiap bulannya sebesar Rp. 200.000, tujuan dari bantuan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi Keluarga penerima Manfaat (KPM).

Program ini termasuk dalam katerogri Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau yang sebelumnya dinamakan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Cara Daftar BLT Ibu Rumah Tangga

Bagi masyarakat kurang mampu yang ingin mendapatkan uang bantuan BLT Ibu Rumah Tangga harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

1. Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

Untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera atau disingkat dengan KKS, masyarakat harus mendaftarkan diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian sosial. KKS nantinya akan dipakai sebagai alat transaksi pencairan uang BLT Ibu Rumah Tangga.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan pendaftaran BLT ibu rumah tangga, untuk mendaftarkan BLT ibu rumah tangga diri proses pembuatan kartu keluarga dilakukan secara offline.

2. Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pendaftaran peserta KPM DTKS dengan cara melapor pada aparat pemerintah daerah setempat (RT, RW. Kantor Kelurahan/Desa)

Setelah itu anda akan mendapatkan surat pemberitahuan yang berisikan sistematika pendaftaran di tempat yang sudah ditentukan

Bawa data lengkap (KTP, Kartu Keluarga) dan Kode Unik Keluarga yang sudah tercantum dalam data terpadu yang sudah diberikan oleh pihak RT atau RW

Data yang sudah lengkap nantinya akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan dan kantor Walikota atau Kabupaten

Setelah semua data berhasil diverifikasi nantinya akan dibuatkan rekening HIMBARA bersamaan dengan diberikannya KKS sebagai alat transaksi untuk mencairkan bantuan.

Himbara memiliki empat bank penyalur yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN)

3. Menuju E-Warong (Elektronik Gotong Warung Gotong Royong)

CARA DAFTAR BLT IBU RUMAH TANGGA RP 2,4 JUTA
Setiap bulanya penerima BLT ibu rumah tangga akan memperoleh bantuan uang tunai sebesar Rp 200.000, dan uang ini akan langsung ditransfer ke nomor rekening pemegang KKS.


Setelah uang berhasil ditransfer ke rekening KPM, anda bisa menuju ke e-warong terdekat untuk mencarikan bantuan.

Untuk melakukan pengecekan apakah nama anda terdaftar sebagai penerima BLT ibu rumah tangga anda bisa langsung mengecek dengan mengakses pada laman dtks.kemensos.go.id atau melalui aplikasi SIKS-Dataku yang bisa anda unduh di Google Play Store.

Bagi anda yang saat ini mengalami kendala mengenai sistematis BLT ibu rumah tangga silahkan menghubungi email bansoscovid19@kemsos.go.id. Atau melalui Whatsapp ke nomor 0811-1022-210.

Untuk diketahui bahwa, Layanan Whatsapp hanya menerima keluhan berupa pesan, yaitu dengan format Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan.

Demikianlah informasi tentang bagaimana sih sebenarnya cara daftar BLT ibu rumah tangga sebesar Rp 2,4 Juta yang rencananya akan disalurkan Maret, April dan Mei 2021 ini. Silahkan anda mencoba. Semoga bermanfaat.