Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini cara daftar penerima bansos di aplikasi Cek Bansos Kemensos

Begini cara daftar penerima bansos di aplikasi Cek Bansos Kemensos
Begini cara daftar penerima bansos di aplikasi Cek Bansos Kemensos

Aplikasi “Cek Bansos” Kemensos belakangan ini dilengkapi dengan fungsi agar penyaluran bansos lebih tepat. Usulan "dan" sanggahan ". Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pengaktifan dua fungsi tersebut merupakan terobosan dalam permasalahan data sebelumnya.

Permasalahan tersebut antara lain adalah adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tetapi tidak dapat menerima bantuan (exclusion error) dan ada pula yang tidak berhak mendapatkan bantuan (inclusion error). 

“Dengan fungsi ini, pemkot bisa ikut mengontrol pemutakhiran data. Pelibatan masyarakat juga dapat memperlancar proses pembaruan untuk mendukung tugas pemerintah daerah, karena berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanggulangan Masyarakat Miskin, pemutakhiran data menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, pemerintah,” kata Risma.

Cara Permohonan Untuk Penerima Manfaat Kesejahteraan Menurut Instagram resmi Kemensos, proses pendaftarannya sebagai berikut:

1.Download Aplikasi

Download aplikasi Cek Bansos dari PlayStore, gunakan kata kunci "Aplikasi Cek Bansos " dan lihat apakah pembuatnya adalah Departemen Sosial atau bukan karena banyak aplikasi serupa.

2. Registrasi

Daftar terlebih dahulu, karena menu “Sarankan” dan “Tolak” hanya dapat diakses dengan ID pengguna yang telah diverifikasi dan diaktifkan oleh Kementerian Sosial.

Siapkan nomor kartu keluarga, NIK dan KTP saat mendaftar. Setelah berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke menu cek jaminan sosial.

3. Pilih menu

Pilih menu "Daftar saran" dan tambahkan saran.Menu ini berisi daftar saran yang telah ditambahkan oleh pemegang akun.

Pemilik akun, keluarga, orang lain, atau orang miskin lainnya dapat langsung login menggunakan tombol Tambah Penawaran. Jika Anda melamar keluarga Anda sendiri, status Anda harus dalam keluarga yang sama.

Perlu diperhatikan bahwa field atau kolom yang diisi untuk menu yang diusulkan semuanya harus sesuai dengan data kependudukan karena ini adalah menu yang sama yang langsung dicocokkan dengan data dukcapil.

Menu "Pilih tipe sosial" hanya muncul jika NIK yang dimasukkan terdapat dalam data DTKS.

Menu Lainnya Ada juga 3 menu lain di dalam aplikasi, yaitu Profile, Welfare Review dan Feasibility Response.

Menu profil ditampilkan paling atas Pada menu terdapat username, profil kesejahteraan, yang menunjukkan status apakah akun ini didukung oleh Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Menu Profil Keluarga menampilkan daftar keluarga yang terdaftar dalam DTKS (Data Kesejahteraan Sosial Terpadu) Terdapat pilihan non-keluarga keberatan jika anggota keluarga bukan anggota keluarga pemegang rekening.

Menu cek Bansos berfungsi untuk mencari penerima kesejahteraan.Pada bagian ini berisi informasi wilayah dan nama penerima, kemudian menu Permission Response.

Menu ini berisi daftar penerima manfaat, data yang ditampilkan berdasarkan daftar penerima manfaat yang berada di Kelurahan yang sama dengan pemegang rekening.

Pemilik Akun dapat menanggapi Kelayakan Penerima yang dianggap tidak memenuhi syarat dengan mengklik ikon OK atau Tidak.

Setelah memilih simbol, lengkapi alasan dan penjelasannya dan kirim balasan. Informasi ini dimasukkan ke dalam sistem Kementerian Sosial untuk ditanggapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Terdaftar? Ini Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos"