Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apakah Namamu Termasuk Penerima PKH November 2021? SILAHKAN CEK

Apakah namamu termasuk penerima PKH September 2021? Cek Disini
Apakah namamu termasuk penerima PKH September 2021? Cek Disini


Segera buka cekbansos.kemensos.go.id. Pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19.

Salah satu jenis bantuan sosial adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang dibayarkan pada bulan September tahun ini. Penerima manfaat kesejahteraan ini terdaftar di Cekbansos.Kemensos.go.id.

PKH adalah bantuan ibu hamil kepada anak sekolah. Bantuan sosial PKH berupa uang tunai dan sembako.

Dikutip dari berita Kompas.com (1/9/2021), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah menganggarkan Rp 28,31 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Besaran bantuan sosial PKH disesuaikan dengan kerabat penerima manfaat. Secara khusus, keluarga dengan ibu hamil atau anak kecil menerima kesejahteraan PKH sebesar Rs 3 juta per tahun

Sementara itu, keluarga dengan anak sekolah dasar mendapat PKH sebesar Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun. Jika difabel atau lansia tinggal dalam keluarga, hak PKH atas bantuan sosial sebesar Rp 2,4 juta.

Jika keluarga memiliki 2 anak SD, bantuan sosial PKH berlipat ganda, yaitu 900.000 ditambah 900.000 per tahun. Ini berarti bahwa keluarga menerima Rp 1,8 juta tunai per tahun.

Cek penerima bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id:


• Penerima PKH kesejahteraan dapat melihat dan memverifikasi nama mereka di Cekbansos.kemensos.go.id. Verifikasi penerima bansos ini dapat dilakukan melalui ponsel.

• Untuk verifikasi penerima PKH di Cekbansos.kemensos.go.id, lakukan hal berikut:

• Login ke Cekbansos.kemensos.go.id halaman

• Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan dan Dorf/Kelurahan masukkan kolom yang disediakan

• Masukkan nama penerima (PM) sesuai informasi di KTP

• Masukkan 8 digit kode captcha

• Jika kode tidak jelas, klik ikon "Refresh" untuk mendapatkan kode baru

• Klik opsi "CARI DATA"

• Hasil pencarian ditampilkan di cekbansos. kemensos.go.id halaman

Penyaluran Bantuan PKH dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Cara mengajukan permintaan bansos

Masyarakat bisa menggunakan dua jalur untuk mendapatkan bansos. Dikutip dari berita Kompas.com (25/9/2021), berikut adalah alur pendaftaran bantuan sosial:

• Unduh aplikasi Cek Bansos

Download "Aplikasi Cek Bansos" dari PlayStore. Gunakan kata kunci "Aplikasi Cek Bansos" dan lihat apakah penulisnya adalah Kementerian Sosial atau bukan, karena banyak aplikasi serupa.

• Registrasi

Registrasi terlebih dahulu, karena menu “Ajukan” dan “Tolak” hanya dapat diakses dengan user ID yang telah diverifikasi dan diaktifkan oleh administrator Kementerian Sosial. Saat mendaftar, siapkan nomor kartu keluarga, NIK dan KTP.

Setelah berhasil registrasi, Anda dapat mengkses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

• Pilih menu

Pilih menu "Daftar Usulan", lalu tambah usulan. Menu tersebut akan berisi daftar usulan yang telah ditambahkan oleh pemilik akun.

Pemegang rekening dapat mendaftarkan dirinya sendiri, keluarganya, orang lain atau orang miskin lainnya secara langsung dengan menggunakan tombol "Tambahkan saran". Jika Anda melamar keluarga sendiri, negara harus dalam KK yang sama. Perlu diperhatikan bahwa field atau kolom yang diisi untuk menu yang diusulkan harus sesuai dengan data kependudukan, karena, seperti menu tab, berhubungan langsung dengan data dukcapil.

Menu "Pilih Jenis Kesejahteraan" hanya muncul jika NIK yang dimasukkan tersedia dalam data DTKS. Usulan tanggal yang berhasil meliputi nama, status pemenuhan NIK dan Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan Kartu Keluarga (KK) pemohon.

Itulah cara cek penerima bantuan sosial PKH di cekbansos.kemensos.go.id. Semoga Anda mendapatkan bantuan sosial PKH bulan September 2021.

Artikel ini telah tayang di nasional.kontan.co.id dengan judul "Buka cekbansos.kemensos.go.id, apakah namamu termasuk penerima PKH September 2021?",