Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dapatkan BLT UMKM Meski NIK KTP Tidak Lolos di Eform, Ini Solusi Untuk Cairkan BPUM Eform BRI Tahap 3

Dapatkan BLT UMKM Meski NIK KTP Tidak Lolos di Eform, Ini Solusi Untuk Cairkan BPUM Eform BRI Tahap 3
Dapatkan BLT UMKM Meski NIK KTP Tidak Lolos di Eform, Ini Solusi Untuk Cairkan BPUM Eform BRI Tahap 3

Untuk para Pelaku usaha UMKM yang NIK KTP-nya tidak lolos di Eform anda masih bisa mendapatkan BLT UMKM Tahap 2. Simak juga penyebab NIK KTP tidak lolos menjadi penerima, serta solusi cairkan BPUM Eform BRI tahap 3.

Meski sudah dicairkan sejak bulan Juli tahun 2021, kemudian Agustus, dan kini September, ternyata masih banyak pelaku usaha UMKM yang belum dapat mencairkan BPUM atau BLT UMKM karena NIK KTP tak lolos saat cek di Eform BRI. Hal itu ternyata dapat terjadi karena beberapa penyebab.

Sebagai informasi bagi bapak/Ibu para pelaku usaha UMKM, BLT UMKM mulai kembali disalurkan Kemenkop UKM pada bulan Juli dan akan berakhir di bulan September tahun 2021.

Adapun Penyebab NIK KTP tidak lolos menjadi penerima BPUM Eform BRI tahap 3 adalah sebagai berikut:
  1. Bapak/Ibu Pelaku usaha mikro sudah pernah menjadi penerima BLT UMKM di periode sebelumnya, sehingga tentu tidak bisa mendapatkan lagi BPUM di periode atau tahap ini.
  2. Pelaku UMKM belum pernah mendaftar program Banpres BPUM,
  3. Tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Kemenkop UKM seperti warga Negara Indonesia dibuktikan dengan memiliki KTP, memiliki usaha mikro dibuktikan dengan NIB atau SKU.
Syarat lain yang harus dipenuhi yakni usaha mikronya memenuhi syarat sesuai UU Nomor 28 tahun 2008, pemilik usaha mikro bukan ASN/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD, dan yang terpenting UMKM tidak sedang menerima KUR dari bank.

Jika Bapak/Ibu para pelaku UMKM merasa telah memenuhi syarat namun tidak lolos, terdapat solusi yang bisa Bapak/Ibu dilakukan. Pelaku UMKM dapat segera laporkan hal itu ke layanan aduan Kemenkop UKM di bawah ini:
  • Silakan Bapak/Ibu Telepon ke call center Kemenkop UKM di nomor 1500587
  •  Silakan Bapak/Ibu Kirim pesan via WhatsApp (WA) ke nomor 0811-145-0587
  • Silakan Bapak/Ibu Kirim email ke info@kemenkopukm.go.id
  • Adukan laporan melalui sosial media Kemenkop UKM di @KemenkopUKM
Berikut ini cara cek penerima BPUM:
  • Silakan Bapak/Ibu Buka laman eform.bri.co.id/bpum
  • Silakan Bapak/Ibu Scroll ke bawah dan klik 'BPUM' atau bisa langsung ke link eform.bri.co.id/bpum
  • Silakan Bapak/Ibu Masukan NIK KTP Anda yang didaftarkan menjadi penerima BLT UMKM
  • Silakan Bapak/Ibu Ketikkan kode capcha sesuai dengan yang diminta
  • Lalu klik 'Proses Inquiry'
Itulah informasi untuk para pelaku usaha UMKM yang NIK KTP-nya tidak lolos di Eform yang ternyata masih bisa dapat BLT UMKM Tahap 2, serta info mengenai penyebab NIK KTP dan nama tidak lolos menjadi penerima BPUM Rp 1,2 juta. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan Judul “Dapatkan BLT UMKM Meski NIK KTP Tidak Lolos di Eform, Ini Solusi Untuk Cairkan BPUM Eform BRI Tahap 3