Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog

5 Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog

Dengan SEO, ada banyak faktor yang harus diperhatikan agar sebuah website cepat naik di hasil pencarian. Untuk memudahkan Anda dalam berlatih, SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan off-page. Pada artikel ini kita akan membahas apa itu SEO onpage dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Apa Itu SEO On Page?

SEO On-page adalah praktik optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang dipublikasikan. Langkah-langkah optimasi SEO pada halaman fokus pada faktor-faktor yang termasuk dalam konten. Secara sederhana, SEO onpage dapat diartikan sebagai langkah optimasi untuk meningkatkan kualitas konten agar pembaca dapat dengan mudah membaca dan memahami website atau blog Anda. Selain itu, SEO pada halaman yang dioptimalkan dengan baik memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten situs web Anda dan relevansinya dengan kata kunci yang Anda cari. Setidaknya ada 5 pilihan optimasi SEO halaman yang harus Anda buat. Dari mengubah permalink menjadi sekadar mengubah pengaturan tautan untuk membukanya di tab baru. Bagaimana langkah-langkahnya, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Gunakan Permalink Sederhana

Permalink sederhana adalah salah satu indikator teratas SEO 2019. Permalink sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi topik yang Anda bahas. Idealnya, permalink memiliki kata kunci fokus yang cukup untuk ditargetkan. Misalnya, Anda menargetkan kata kunci jam tangan pria. Tautan permanen yang ideal untuk konten ini adalah seperti ini:

www.juragandesa.id/jam-tangan-pria

Sayangnya, blog secara default membuat permalink Anda seperti ini:

www. juragandesa.id /2019/05/judulartikel

Maka Anda harus mengubahnya secara mandiri. Tenang, mudah untuk mengubah struktur tautan permanen. Yang harus Anda lakukan adalah membuka dashboard WordPress dan klik Pengaturan> Permalink. Kemudian pilih struktur permalink nama posting dan klik Simpan. Selesai Sekarang, struktur permalink situs web Anda sederhana dan mudah dilihat oleh Google.

2. Buat Judul Konten yang Menarik

Ketika orang mencari kata kunci di Google, mereka hanya dapat melihat judul dan deskripsi singkat dari konten Anda di hasil pencarian. Oleh karena itu, Anda perlu membuat judul semenarik mungkin agar orang langsung tertarik membaca konten Anda. Anda dapat menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul konten lebih menarik. Menurut Content Marketing Institute, judul dengan angka berkinerja 45 persen lebih baik daripada judul tanpa angka.

3. Tambahkan Gambar atau Video

Konten teks saja pasti akan sangat membosankan bagi pembaca. Konten tanpa media visual tidak hanya membosankan, tetapi juga melelahkan untuk dibaca. Jadi pastikan untuk menambahkan setidaknya satu atau dua gambar ke setiap konten Anda. Lebih baik lagi jika Anda menambahkan media visual seperti video . Menurut Vidyard, artikel dengan video 53 kali lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian Google daripada artikel tanpa video.

4. Optimasi Gambar

Pada poin ketiga, kami sarankan untuk menambahkan gambar ke konten Anda. Agar gambar yang Anda tambahkan dapat meningkatkan kualitas SEO pada halaman, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama-tama pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. Gambar besar hanya memperlambat pemuatan situs web. Oleh karena itu, Anda harus memperkecil ukuran gambar. Setidaknya satu gambar tidak melebihi 100 KB. Anda dapat menggunakan layanan kompresi gambar seperti TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken, dan OptiPNG. Layanan ini akan membantu Anda mengurangi ukuran gambar tanpa mengorbankan kualitas.

Kedua, berikan nama file sesuai dengan kata kunci fokus yang Anda targetkan. Nama file yang cocok dengan kata kunci fokus dapat membantu gambar muncul di Pencarian Gambar Google. Ketiga, ubah teks alt sesuai dengan kata kunci fokus. Teks alternatif atau teks alternatif digunakan untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda diskusikan dalam konten. Selain itu, memiliki teks alternatif yang benar akan memudahkan gambar muncul di hasil pencarian gambar. Untuk mengubah teks alt, klik pada gambar dan di sisi kanan Anda akan melihat pengaturan seperti ini. Ubah teks alt sesuai dengan kata kunci fokus yang Anda targetkan. Jika konten berisi banyak gambar, Anda dapat mengubah teks alt menggunakan kata kunci turunan atau LSI.

5. Manfaatkan Heading dan Subheading

Untuk membuat konten Anda lebih mudah dibaca pengunjung, Anda perlu membuat struktur konten yang jelas dan mudah dipahami. Salah satu cara untuk membuat struktur konten yang mudah dipahami adalah dengan menggunakan heading dan subtitle. Judul dan subjudul digunakan untuk membagi artikel Anda menjadi beberapa bagian. Sederhananya, judul dan sub judul adalah bab dan sub bab seperti buku. Judul dan subjudul akan memudahkan pembaca untuk menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan. Judul dan subjudul juga membantu mesin pencari memahami konten Anda. Judul memudahkan robot mesin telusur untuk merayapi konten dan melihatnya sebagai subjek konten.

Pada artikel sebelumnya admin blog juragandesa telah membahas tuntas tentang Belajar SEO BloggerBagaimana cara kalian belajar strategi SEO, Belajar SEO Pemula, Belajar SEO 2020, SEO Blogspot dan Cara meningkatkan SEO website