Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Manfaat Google Search Console

Manfaat Google Search Console?


Ada banyak manfaat menggunakan Google Search Console. Anda dapat meningkatkan situs web Anda berdasarkan analisis Google Search Console. Manfaat dari Google Search Console adalah:

1. Temukan kata kunci yang populer di bisnis Anda

Pengunjung menggunakan berbagai kata kunci untuk menemukan situs web. Google Search Console membantu Anda menemukan kata kunci yang digunakan banyak orang untuk menemukan situs web Anda.

Alat ini memberikan informasi tentang keseluruhan tampilan situs web Anda dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (tayangan) dan seberapa sering hasil pencarian ini mengklik situs web Anda (rasio klik-tayang). Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui kata kunci mana yang paling efektif dan tidak efektif untuk SEO situs web Anda.

2. Mengidentifikasi Halaman Paling Populer

Semua situs web memiliki halaman yang lebih populer di hasil pencarian daripada halaman lainnya. Google Search Console membantu Anda mengetahui situs web mana yang paling banyak menarik pengunjung. Halaman situs web dapat diurutkan berdasarkan tayangan atau rasio klik-tayang (RKT).

3. Cari tahu dari mana pengunjung Anda berasal

Anda juga dapat menggunakan Google Search Console untuk mencari tahu dari mana pengunjung situs web Anda berasal. Fitur ini membantu Anda memahami demografi calon pelanggan dan membantu Anda menjangkau audiens yang tepat.

4. Selain informasi lokasi yang mengidentifikasi perangkat yang digunakan pengunjung Anda,

Anda juga bisa mendapatkan data tentang perangkat yang digunakan pengunjung situs web Anda. Google Search Console membantu Anda mengetahui bagaimana pengunjung Anda berinteraksi dengan situs web Anda, apakah mereka terutama menggunakan perangkat desktop atau perangkat seluler.

5. Periksa kompatibilitas di perangkat seluler

Anda dapat memeriksa apakah situs web ditampilkan di perangkat seluler Anda dengan membuka situs web di ponsel cerdas Anda. Sayangnya, cara ini kurang akurat karena hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk melihat kinerja situs web Anda di perangkat seluler Anda. 

Google Search Console menyediakan fitur kegunaan seluler yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kompatibilitas situs web di perangkat seluler Anda. Google Search Console juga memberikan rekomendasi tentang langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja situs web Anda di perangkat seluler.

6. Menemukan Tautan Balik ke Situs Web Anda

Tautan balik adalah salah satu indikator utama dalam menentukan peringkat situs web dalam hasil pencarian. Sangat penting bahwa siapa pun yang terlibat dalam SEO akrab dengan fitur yang satu ini, yaitu tautan ke situs web Anda.

Fitur ini membantu mengidentifikasi situs web yang menambahkan tautan balik ke situs web mereka. Google Search Console juga memberikan informasi tentang halaman mana yang mendapatkan backlink paling banyak dan anchor text mana yang paling banyak digunakan.

7. Memeriksa tautan yang rusak Selain mengidentifikasi

backlink, Anda juga dapat menggunakan Google Search Console untuk mencari tautan yang rusak di situs web Anda. Memeriksa tautan yang rusak penting untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung Anda di situs web Anda. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat memperbaiki tautan yang rusak dan mencegah pengunjung dialihkan ke halaman yang salah atau hilang.

8. Mengidentifikasi Masalah Keamanan Situs Web

Masalah keamanan selalu menjadi masalah bagi pemilik situs web, seperti blog, toko online, dan situs web profil perusahaan. Semua orang ingin melindungi situs web mereka dari peretasan, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Untungnya, Google Search Console dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memperingatkan Anda tentang masalah keamanan situs web. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum hal itu merusak situs web Anda.

9. Mengirimkan peta situs

Anda dapat menambahkan peta situs menggunakan Google Search Console. Peta Situs digunakan oleh Google untuk merayapi situs web Anda sehingga Google dapat mengidentifikasi situs web Anda lebih cepat.


Pada artikel sebelumnya admin blog juragandesa telah membahas tuntas tentang Belajar SEO BloggerBagaimana cara kalian belajar strategi SEO, Belajar SEO Pemula, Belajar SEO 2020, SEO Blogspot dan Cara meningkatkan SEO website