Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download KMA 1006 tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan Guru pada Madrasah yang Diselenggarakan oleh Masyarakat

Download Keputusan Menteri Agama (KMA) No 1006 tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan Guru pada Madrasah



Kementerian Agama telah mengeluarkan pedoman pengangkatan guru madrasah swasta. Pedoman tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1006 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan Guru di Organisasi Kemasyarakatan Madrasah.

"KMA ini diterbitkan untuk menjadi pedoman bagi pimpinan Madrasah terkait pengangkatan guru," kata M Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Islam, Rabu di Jakarta (17 November 2021). ..

Menurutnya, KMA mengatur banyak ketentuan, mulai dari persyaratan guru peserta pelatihan dan proses seleksi hingga pengangkatan dan pemberhentian. “Berdasarkan KMA ini, pengangkatan guru madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat membutuhkan gelar sarjana atau sarjana. Hal ini untuk menjamin kualitas guru sebagai guru profesional,” ujarnya.

“Guru juga harus memiliki ilmu agama yang wajar, dan batas usia maksimal pengangkatannya adalah 45 tahun,” lanjutnya. Terkait proses rekrutmen 4.444, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M. Zain mengatakan, hal itu berawal dari usulan dari pihak penyelenggara pendidikan kepada kepala dinas kabupaten/kota tentang kebutuhan guru. Selain itu, Kepala Kementerian Agama/Agama menganalisis kebutuhan guru dalam sistem informasi dan manajemen bagi pendidik dan staf Kementerian Agama (Simpatica) sebelum mengeluarkan persetujuan atau rekomendasi.

Selengkapnya Download Keputusan Menteri Agama (KMA) No 1006 tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan Guru pada Madrasah. DOWNLOAD DISINI