Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apakah Google lebih memilih rendering sisi Klien atau sisi Server untuk SEO?

Haruskah saya menggunakan rendering sisi Klien atau sisi Server untuk SEO? Apakah Googlebot dapat merayapi dan mengindeks halaman saya jika saya menggunakan Render sisi Klien (CSR)? Ada banyak pertanyaan dan keraguan yang muncul saat memilih antara rendering sisi klien dan sisi server dari sudut pandang SEO.

Google telah mengatakan di masa lalu bahwa mereka dapat merayapi dan mengindeks halaman yang menggunakan rendering sisi klien. Tetapi perlu diterapkan dengan cara tertentu agar crawler dapat membaca tautan dan konten di halaman. Anda dapat membaca dokumentasi Google tentang ini di sini.

Namun, jenis rendering apa yang lebih disukai Google? John Mueller, Advokat Pencarian di Google, telah memberikan petunjuk apakah Google lebih memilih rendering sisi klien atau sisi server (SSR).

Apakah Google lebih memilih rendering sisi Klien atau sisi Server untuk SEO?
Apakah Google lebih memilih rendering sisi Klien atau sisi Server untuk SEO?


Bagaimana cara memeriksa apakah CSR menyebabkan masalah untuk SEO

Dalam salah satu sesi "Bahasa Inggris SEO Google Office-hours" baru-baru ini di YouTube, seorang pengguna bertanya kepada John Mueller apakah Google dapat merayapi dan mengindeks situs web yang diberikan sisi klien. Dia menjelaskan bahwa dia menghadapi masalah dengan Google yang tidak merayapi dan mengindeks halaman sebagaimana dimaksud. Dia juga menyebutkan bahwa konten pada halaman tersebut tidak ditampilkan pada versi halaman yang dirender oleh Google.

John Mueller dari Google menawarkan beberapa saran tentang bagaimana Anda dapat menguji apakah implementasi rendering sisi klien Anda menyebabkan masalah untuk SEO.

“Apa yang akan saya lakukan adalah, pertama-tama, mungkin mencari dokumentasi situs web berbasis JavaScript yang kami miliki di Search Central di situs dokumentasi. Ada beberapa tips di sana untuk apa yang perlu Anda lakukan dan apa yang harus Anda hindari.

…Dan kemudian yang juga akan saya lakukan adalah mencoba menemukan contoh halaman yang tidak diindeks dan menjalankannya melalui alat pengujian. Idealnya, temukan templat berbeda yang tidak diindeks.

Jadi, jika Anda memiliki hal-hal seperti halaman detail produk dan halaman kategori dan Anda melihat halaman kategori tidak diindeks.

Baiklah, kemudian saya akan mengambil contoh halaman kategori dan benar-benar mengujinya dengan alat pengujian untuk melihat apakah ada sesuatu yang kecil yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan indeks situs web saya atau tidak”, kata John Mueller.

SSR memiliki sedikit keunggulan dibandingkan CSR?

Yang menarik adalah apa yang terjadi setelah ini. John Mueller mengungkapkan pandangannya tentang apakah perlu bersusah payah untuk menguji implementasi yang berbeda untuk membuat rendering sisi klien berfungsi untuk SEO.

Berikut saran John Mueller tentang apakah akan menggunakan rendering sisi klien atau sisi server:

“Ini adalah sesuatu di mana Anda juga bisa melihat rendering sisi server dan berkata, yah, mungkin saya bisa melewati semua tes tambahan ini dan langsung membuka HTML murni dan mengirimkannya ke Google dengan rendering sisi server.


Dari sudut pandang saya, saya akan, sebagian besar, mencoba menghindari situasi di mana Anda hanya menyiapkan banyak infrastruktur hanya untuk Google. Dan sebaliknya, jika Anda akan pindah ke rendering sisi server, lakukan dengan cara yang masuk akal bagi pengguna Anda juga karena terkadang Anda juga akan melihat peningkatan kecepatan yang signifikan dengan membuka rendering sisi server. Dan jika Anda dapat menggunakan peningkatan kecepatan itu dan berkata, baik, Google juga akan mengalami peningkatan, maka menurut saya itu adalah skenario yang sangat bagus.”

Render sisi server adalah situasi yang saling menguntungkan bagi pengguna dan Google. Ini karena SSR, jika diterapkan dengan benar, dapat sangat meningkatkan kinerja situs web Anda. Anda juga dibebaskan dari beban membuat perubahan infrastruktur khusus bagi Google untuk memahami halaman Anda dengan benar.