Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Penghasilan Minim

Keuangan Rumah Tangga adalah salah satu pondasi penting dalam keharmonisan rumah tangga. Penyebab renggang suatu Rumah Tangga salah satunya adalah permasalahan keuangan. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh suami yang boros atau isteri yang suka belanja tanpa memperhitungkan kebutuhan. Isteri yang suka foya-foya dengan belanja adalah faktor yang dapat mempengaruhi renggangnya hubungan suami isteri dalam Rumah Tangga.

Berikut ini merupakan cara mudah mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim:
https://www.juragandesa.net/2021/12/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga.html



Mengevaluasi Jumlah Pemasukan.

Menghitung jumlah pemasukan adalah langkah penting dalam mengatur keuangan keluarga. Hal itu berguna untuk memperkirakan segala kebutuhan keluarga. Seperti kebutuhan belanja di rumah, kebutuhan anak sekolah dan kebutuhan utama lainnya.

Mengidentifikasi Keinginan dan Kebutuhan.

Seperti penjelasan pada tips pertama bahwa mencatat kebutuhan adalah langkah penting kemudian baru disisihkan untuk belanja keinginan.

Mengatur Pos Pengeluaran.

Setelah mencatat yang namanya kebutuhan dan keinginan maka keuangan keluarga dapat diatur jumlah pengeluargannya sesuai dengan pemasukan.

Mengatur Belanja Bulanan dengan Perencanaan yang Matang.

Langkah yang bisa dilakukan setelah mengikuti tips ketiga adalah belanja bulanan. Artinya kebutuhan utama bisa langsung dibeli untuk satu bulan seperti membeli beras, kebutuhan balita dan kebutuhan lainnya. Tujuannya agar kebutuhan utama terpenuhi untuk satu bulan dan tujuan lainnya agar terhindar dari pengeluaran yang bukan kebutuhan dan terhindar dari utang.

Menghindari Pembelian Barang dengan Cicilan.

Seperti sebelumnya mengutamakan belanja kebutuhan dan menghindar dari belanja keinginan.

Mengurangi Pembelian Makanan dari Luar.

Jika penghasilan keluarga minim maka membeli makanan di luar adalah bentuk boros. Tentunya satu porsi makan yang di jual di luar jika digunakan untuk belanja dapur di rumah bisa cukup untuk satu atau 2 hari. Maka bayangkan jika membeli makanan di luar yang biayanya sampai 200 ribu, jika uang itu digunakan untuk kebutuhan dapur maka cukup untuk 1 atau 2 minggu.

Menyiapkan Masa Depan dengan Investasi.

Tips terakhir adalah memulai investasi baik dengan usaha sendiri atau dengan menanam modal pada usaha orang. Investasi bisa juga dilakukan di perusahaan penyedia investasi.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Penghasilan Minim. Semoga bermanfaat