Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak SD Kelas 1 Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Buku pelajaran Pendidikan Agama Hindu untuk siswa tingkat Sekolah Dasar Kelas I ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran 2020 dengan memperhatikan fasenya.

Buku ini disusun berdasarkan kompetensi pemahaman dalam menciptakan pembelajaran siswa yang aktif, kreatif, inovatif serta menyenangkan. Sehingga belajar Agama Hindu menjadi lebih menyenangkan guna pencapaian kompetensi yang diharapkan dan menjadikan generasi muda Hindu yang berbudi pekerti luhur.

Buku kelas 1 ini terdiri atas 4 bab yaitu Bab 1 Cerita Ramayana, Bab 2 Ciptaan Hyang Widhi Wasa, Bab 3 Tri Kaya Parisudha, dan Bab 4 Dainika Upasana. Masing-masing bab dilengkapi berbagai kegiatan seperti ayo bernyanyi, ayo beraktivitas, ayo berlatih, kegiatan bersama teman yang bertujuan mendorong dan merangsang peserta didik untuk beraktivitas, serta diperkaya Calistung (baca, tulis, hitung) sederhana.



Dalam buku ini juga dilengkapi dengan renungan dan diskusi bersama orang tua untuk mendorong peserta didik agar lebih dekat dengan orang tua serta mendapat bimbingan dalam melaksanakan ajaran agama Hindu di kehidupan sehari-hari. Asesmen atau uji kompetensi diberikan pada akhir setiap bab untuk menguji dan mengukur tingkat penguasaan pengetahuan peserta didik, dengan berbagai instrumen.

Glosarium memuat penjelasan istilah-istilah yang digunakan dalam buku ini untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dan daftar pustaka. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik guna memotivasi dan menanamkan sikap gemar membaca (literasi) kepada peserta didik. Semoga buku ini dapat membantu peserta didik dalam memahami dan mempratikkan ajaran Agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari.

bab 1 cerita ramayana

a. mengenal tokoh-tokoh dalam cerita ramayana

b. membaca cerita ramayana

c. meneladani tokoh-tokoh dalam cerita ramayana

bab 2 ciptaan hyang widhi wasa

a. alam semesta ciptaan hyang widhi wasa

b. makhluk hidup ciptaan hyang widhi wasa

c. benda mati ciptaan hyang widhi wasa

d. tri pramana

e. menghargai ciptaan hyang widhi wasa

bab 3 tri kaya parisudha

a. pengertian tri kaya parisudha

b. bagian-bagian tri kaya parisudha

c. contoh-contoh perilaku tri kaya parisudha

d. perilaku melanggar tri kaya parisudha

e. cerita tentang tri kaya parisudha

bab 4 tri sandhya dan dainika upasana

a. pengertian tri sandhya

b. mantram tri sandhya

c. tata cara sembahyang

d. kramaning sembah

e. dainika upasana (doa sehari-hari)