Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak PAUD Belajar dan Bermain Berbasis Buku
Ibu dan Bapak Guru PAUD, apa kabar? Semoga Ibu dan Bapak senantiasa bersemangat sekaligus berbahagia mendampingi anak-anak kita. Buku Bermain Berbasis Buku ini dirancang sebagai penghargaan untuk Ibu dan Bapak Guru dalam mengakrabkan anak-anak dengan buku melalui berbagai kegiatan. Pada bab pertama disajikan bahasan singkat tentang pentingnya bermain dan pentingnya buku. Ibu dan Bapak Guru tentu memahami bahwa bermain merupakan bagian penting dalam proses belajar dan tumbuh kembang anak. Pada saat yang sama, buku merupakan bagian penting untuk berkembangnya kecakapan literasi anak.
Bab kedua membahas berbagai alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama buku. Kegiatan berbasis buku ini diperjelas secara terperinci pada bab ketiga melalui contoh praktis dengan buku-buku pilihan, sehingga guru dapat melakukan dan mengembangkan kegiatan di kelas masing-masing. Bagian keempat merangkum lembar perencanaan, dan dokumentasi asesmen.
Bab 1. Buku Teman Bermainku, Teman Belajarku
A. Bermain dengan Buku
B. Bagaimana Memilih Buku yang Cocok?
C. Guru sebagai Pendamping Anak Bermain dengan Buku
Bab 2. Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Buku
A. Persiapan
B. Sebelum Membaca Buku
C. Saat Membaca Buku
D. Setelah Membaca Buku
E. Kegiatan lain di Kelas yang Berhubungan dengan Buku
F. Kegiatan di Luar Kelas dan Hal Lain yang Berhubungan dengan Buku
G. Tip untuk guru dan orang tua
H. Asesmen atas Capaian Pembelajaran
Bab 3. Contoh Desain Konsep dan Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran Berbasis Buku
A. Woli Ingin Melihat Dunia
B. Petualangan Botol Plastik
C. Aku Suka Caramu
D. Wortel-Wortel Weli
Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku untuk Satuan PAUD ini adalah petunjuk praktis untuk guru dalam memanfaatkan buku sebagai sumber belajar dan bermain bersama anak. Buku ini memandu guru secara sistematis dan menyenangkan dalam menghadirkan buku pada keseharian anak.
Pada buku ini terdapat beberapa gambar penanda sebagai berikut untuk mewakili capaian pembelajaran yang diturunkan menjadi tujuan pembelajaran untuk masing-masing kegiatan belajar dan bermain berbasis buku, seperti berikut.
Nilai Agama dan Budi Pekerti
Anak mengetahui cara menjadi teman yang baik.
Anak mau menolong teman yang membutuhkan bantuan
Jati Diri
Anak mengenali panca indra dan kegunaannya.
Anak mempunyai keinginan dan tahu bahwa dia harus berusaha mencapainya.
Anak sadar bahwa dalam mencapai keinginannya, ia akan menghadapi banyak halangan namun ia tidak boleh putus asa.
Dasar-dasar Literasi dan STEAM
Anak mengerti yang diinginkan Woli dan halangan yang dihadapinya.
Anak mengenali benda-benda yang ada di dalam buku.
Anak tahu tentang panca indra dan kegunaannya
Anak ingin tahu akhir cerita Woli.
Anak membuat karya-karya berdasarkan cerita Woli.