Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Digital Marketing di Tahun 2022

Pentingnya meningkatkan strategi pemasaran digital

Pemasaran digital telah mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, menerapkan realitas yang lebih baik yang dulu dianggap sebagai metode berbiaya rendah kini lebih mudah diterapkan.

Dengan pemikiran ini, strategi pemasaran yang teratur diperlukan untuk menjaga merek atau rencana pemasaran bisnis Anda efektif dan bermanfaat.

Artikel ini memberikan informasi mengenai sejumlah strategi digital marketing yang diperkirakan akan berdampak signifikan dalam beberapa tahun ke depan.
Digital marketing telah berevolusi dan mengalami banyak perubahan beberapa tahun belakangan ini. Sebagai contoh, penerapan augmented reality yang sebelumnya dianggap teknik yang kurang cost-effective, sekarang sudah mulai banyak diterapkan dengan mudah.


7 Strategi Pemasaran Digital pada tahun 2022

1. Tingkatkan konten video

Pemasaran video sebenarnya bukanlah teknik atau konsep baru. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan video sebagai media digital marketing semakin populer di kalangan brand besar maupun kecil.

Faktanya, menurut Statistik Pemasaran Video Hubspot, 54% konsumen ingin pemasar menghasilkan lebih banyak konten dalam format video.

Ini memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyoroti fitur dan manfaat produk atau layanan bisnis Anda tidak hanya dalam hal minat pengguna tetapi juga dalam konten format video.

Semakin banyaknya alat pemasaran video yang tersedia saat ini membuat proses pembuatan konten video menjadi lebih mudah.

Untuk memulai strategi pemasaran video, Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan LinkedIn sebagai saluran untuk membagikan konten video Anda.

2. Buat jalur penjualan umum

Jenis audiens yang mengunjungi situs web Anda dapat sangat bervariasi. Beberapa mungkin orang yang tidak tahu nama merek Anda, dan beberapa mungkin pelanggan Anda.

Jadi sangat penting untuk menyediakan konten untuk setiap perjalanan bisnis pelanggan bisnis Anda. Di sinilah peran jamur penjualan paling penting.

Banyak pemasar sangat fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan konten dengan dana tinggi, tetapi mereka tidak memiliki konten untuk membuat pemirsa tetap tertarik pada ekstremitas menengah dan bawah.

Anda dapat membuat pemasaran konten Anda lebih komprehensif dengan menerapkan pemasaran berbasis data dan menambahkan animasi, video, infografik, atau podcast.

Anda juga dapat mencoba menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens target Anda dengan konten yang Anda buat.

Pada dasarnya, yang harus Anda lakukan adalah memastikan konten yang Anda miliki dan konten yang Anda sampaikan ke saluran pemasaran Anda mencakup setiap aspek bisnis Anda.

3. Sediakan konten interaktif

Konten interaktif seperti kuis, jajak pendapat, kontes, atau teka-teki langsung mendapatkan popularitas.

Selain memberikan nilai lebih kepada audiens target Anda, konten interaktif juga dapat digunakan sebagai alat uji untuk mengetahui apa yang paling diminati audiens target Anda.

4. Fokus membangun jaringan dan komunitas

Mungkin tidak menjadi masalah bagi bisnis besar untuk menghabiskan lebih banyak uang untuk pemasaran media sosial.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk usaha kecil.

Solusi dari tantangan pemasaran digital di atas adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan di platform media sosial untuk membangun komunitas merek Anda sendiri. Contoh aplikasi ini adalah pembuatan komunitas pembelajaran digital marketing di grup Facebook atau grup Linkinding.

Dengan membuat grup, merek dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan anggotanya atau untuk menanggapi pertanyaan atau saran dari penggunanya.

Strategi digital marketing ini sangat efektif dalam membangun loyalitas pelanggan karena menimbulkan rasa kesepian bagi target audience.

5. Jualan di media sosial

Kewirausahaan sosial adalah salah satu tren pemasaran digital yang diharapkan memiliki potensi besar di masa depan.

Hal ini didukung dengan semakin banyaknya platform media sosial yang meluncurkan platform belanja di platform mereka, termasuk toko Facebook dan Instagram, yang diluncurkan tahun lalu.

Menjual di media sosial bisa sangat menguntungkan karena memperpendek lalu lintas bisnis bisnis Anda. Dengan cara ini, konsumen lebih mungkin untuk membeli produk.

6. Bangun kemitraan merek

Selama setahun terakhir, banyak brand yang sukses berkolaborasi dengan brand lain. Anda mungkin ingat salah satu kemitraan kolaborasi virus utama antara MacDonald dan BTS pada pertengahan 2021. Selain itu, masih banyak kolaborasi brand lain seperti MacDonald dan Travis Scott, Adidas dan Alberds, serta Adidas dan Lego.

Kemitraan merek yang unik seperti contoh di atas sangat efektif dalam menarik perhatian media dan menciptakan komunitas dengan khalayak yang lebih luas.

Kolaborasi sebenarnya tidak perlu dilakukan oleh nama besar atau brand. Anda juga dapat berkolaborasi secara efektif dengan merek yang memiliki produk tambahan dengan merek Anda.

Kolaborasi ini bisa Anda terapkan pada strategi digital marketing Anda. Misalnya, dengan membuat email merek bersama yang menggunakan daftar pemirsa dari merek lain untuk mengirim email produk Anda.

7. Gunakan teknologi realitas tambahan

Wabah telah mendorong pembeli untuk memikirkan cara unik dan inovatif untuk terhubung dengan konsumen yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah.

Enhanced reality marketing merupakan salah satu solusi yang memungkinkan pasar sasaran untuk menguji produk tanpa harus datang langsung ke toko fisik.

Dengan teknologi realitas tambahan, calon pengguna dapat mencoba perhiasan atau aksesori buatan tangan atau menempatkan sofa baru di ruang tamu hanya di smartphone.

Kesimpulan

Tentu saja, hampir tidak mungkin untuk menerapkan semua strategi di atas sekaligus. Untuk alasan yang efektif, Anda hanya perlu memilih beberapa strategi pemasaran digital yang disebutkan di atas dan mencoba menerapkannya.

Strategi pemasaran digital yang perlu Anda pilih sepenuhnya bergantung pada audiens target, tujuan bisnis, dan bisnis Anda.

Demikianlah informasi yang memberitahu Anda tentang pemasaran. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan ketinggalan informasi seputar riset pasar, pemasaran online, pemasaran digital dan lain-lain yang terkait dengannya yang sangat bermanfaat di risetpasar.id