Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Seni Tari

Buku panduan guru kelas VII ini berpedoman pada kurikulum yang telah disederhanakan. Pada kurikulum ini, capaian pembelajaran (CP) seni tari ditetapkan dalam enam fase. Buku panduan guru seni tari kelas VII ini mengacu pada pencapaian fase D, yang proses pencapaiannya dilaksanakan melalui proses mengalami, menciptakan, merefleksikan, berpikir dan bekerja artistik, serta berdampak.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum ini, maka diperlukan buku panduan yang dapat digunakan sebagai pegangan guru dalam mengajarkan materi seni tari pada siswa kelas VII. Prosedur kegiatan pembelajaran dalam buku  ini, dibuat berdasarkan CP fase D yang dipetakan ke dalam 3 unit materi. Dengandemikian, diaharapkan buku ini akan membantu guru dalam memetakan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik selama satu tahun pelajaran. Di dalam buku panduan guru seni tari ini, telah dijabarkan proses kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk dapat belajar aktif dan kreatif, sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai CP yang telah ditetapkan.



Buku yang mengacu pada kurikulum yang telah disederhanakan ini, memuat berbagai strategi pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi ataupun pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Namun demikian, guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan kreativitas guru dalam bentuk kegiatan pembelajaran lain yang relevan dan disesuikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Dengan demikan, diharapkan akan tercipta kegiatan pembelajaran seni tari yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

Unit Pembelajaran 1 : Sejarah dan Fungsi Tari

Unit Pembelajaran 2 : Gerak Tari dan Nilai-Nilai dalam Tari Tradisional Indonesia

Unit Pembelajaran 3 : Membuat Karya Tari