Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Penerima Bantuan KIP Peserta Didik SD, SMP, SMA, dan SMK

Cara Cek Penerima Bantuan KIP Peserta Didik SD, SMP, SMA, dan SMK

Cara Cek Penerima Bantuan KIP Peserta Didik SD, SMP, SMA, dan SMK

Pemerintah membuat Program Indonesia Pintar ataupun PIP buat menyalurkan bantuan uang tunai, perluasan akses, serta peluang belajar kepada peserta didik. Bantuan untuk membiayai pembelajaran ini diberikan kepada peserta didik dari keluarga tidak mampu melalui Kartu Indonesia Pintar( KIP). Lalu gimana cara mengecek penerima bantuan KIP peserta didik SD, SMP, SMA, serta Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)?

Menurut Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang kemudian disebut PIP Dikdasmen diperuntukkan untuk anak berumur 6 hingga 21 tahun. Peserta didik dari keluarga tidak mampu pemegang Kartu Keluarga Sejahtera( KKS), yatim piatu, serta peserta Program Keluarga Harapan( PKH) berhak mendapatkan bantuan layanan pendidikan sampai dengan tamat SD sampai SMA.

Berikut cara mengecek penerima bantuan KIP:
  • Buka browser serta salin tautan berikut https:// pip. kemdikbud. go. id/ home untuk mengakses laman resmi PIP.
  • Halaman tersebut hendak menunjukkan halaman beranda. Pada kolom di bagian bawah menu“ Cari penerima PIP” masukkan Nomor Induk Siswa Nasional( NISN), tanggal lahir, serta nama ibu kandung.
  • Setelah terisi dengan benar, setelah itu klik cari.
Jika nama penerima bantuan KIP tidak ada, orang tua bisa mendaftarkan anaknya secara offline dengan bawa KKS ke pihak sekolah. Apabila tidak mempunyai KKS, bisa mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu( SKTM) dari RT/ RW serta Kelurahan/ Desa terlebih dulu untuk memenuhi syarat registrasi. Tidak hanya SKTM apabila KKS tidak ada, syarat lain mengajukan KIP merupakan KK, Akta Kelahiran, Rapor hasil belajar siswa, serta Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah ataupun Kepala Madrasah.

Penyaluran bantuan PIP skala nasional, pada jenjang SMA serta Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) telah diawali pada 15 Januari 2022 dengan alokasi siswa SMA sebanyak 1. 367. 559 serta siswa Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) sebanyak 1. 829. 167, dengan tiap- tiap alokasi dana sebesar Rp. 1. 174. 988. 500. 000 serta Rp. 1. 529. 167. 000. 000. Sedangkan jenjang SMP pada 22 Januari 2022 dengan alokasi pelajar sebanyak 4. 369. 968 serta alokasi dana Rp. 2. 711. 107. 500. 000. Dan jenjang SD pada 23 Januari 2022 dengan alokasi murid sebanyak 10. 360. 614 serta alokasi dana sebanyak Rp. 4. 212. 276. 300. 000, seperti dilansir dari pip. kemdikbud. go. id.

Artikel ini telah tayang di tekno.tempo.co dengan judul “Cara Cek Penerima Bantuan KIP Peserta Didik SD, SMP, SMA, dan SMK