Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jadwal Awal Puasa 1 Ramadhan 2022 Menurut NU, Pemerintah, dan Muhammdiyah: Kapan Sidang Isbat Digelar?

Jadwal Awal Puasa 1 Ramadhan 2022 Menurut NU, Pemerintah, dan Muhammdiyah: Kapan Sidang Isbat Digelar?Berikut informasi jadwal awal puasa 1 Ramadhan 2022 NU, Pemerintah, dan Muhammdiyah serta kapan sidang isbat digelar.

                                 Jadwal Awal Puasa 1 Ramadhan 2022 Menurut NU, Pemerintah, dan Muhammdiyah: Kapan Sidang Isbat Digelar?
Saat ini, banyak yang menunggu untuk mengatur jadwal awal puasa Ramadhan 2022 atau kalender 1443 Hijriah. Hingga saat ini, diketahui pemerintah belum menetapkan jadwal buka puasa Ramadhan 2022 atau 1443 Hijriah karena masih menunggu sidang isbat.

Berbeda dengan pemerintah, kelompok Islam Muhammadiyah sebenarnya telah mengumumkan jadwal dimulainya puasa Ramadhan pada 2022.

Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan 1443 Hijriah pada 2 April 2022.

Menentukan jadwal puasa Ramadhan dari Muhammadiyah berdasarkan perhitungan menggunakan metode Hisab.

Selain pemerintah, diketahui organisasi NU (Nahdhatul Ulama) belum merilis jadwal awal puasa Ramadhan 2022.

Jadwal awal Ramadhan 2022 di NU kemungkinan akan sama dengan jadwal pemerintah, sehingga belum bisa ditentukan.

Situs Kementerian Agama mengutip pertemuan Isbat untuk menentukan jadwal awal puasa Ramadhan dengan memperhatikan hasil perhitungan astronomi (perhitungan) dan hasil konfirmasi di tempat melalui Mekanisme Pemantauan Hilal (rukyatul).

Adib, Direktur Agama Islam dan Pembinaan Syariah, mengatakan semua sistem sepakat bahwa ijtima sebelum Ramadhan jatuh pada Jumat, 1 April 2022, bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

“1 April 2022 berkisar antara 1 derajat 6,78 menit hingga 2 derajat 10,02 menit berdasarkan ketinggian hilal di seluruh Indonesia yang sudah berada di atas ufuk,” kata Adib.

Jadwal awal puasa Ramadhan 1443 atau 2022 kemudian ditetapkan dan kita tunggu saja hasil pantauan hilal.

“Kementerian Agama telah mengidentifikasi 101 titik titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Hasil rukyatul hilal akan dilaporkan sebagai bahan uji coba isbat awal Ramadhan 1443 Hijriah,” ujarnya.

Selanjutnya sidang isbat penetapan jadwal awal puasa Ramadhan 2022 akan dilaksanakan secara online dan offline di Auditorium HM. Kementerian Agama Rasjidi, Jalan MH. Tamlin, Jakarta.

"Hasil uji coba ISBAT akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan RRI. Pengajuan hasil uji coba isbat juga akan disiarkan langsung melalui media sosial Kementerian Agama," kata Adib.

Berikut jadwal mulai NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah 1 Ramadhan 2022 dan informasi kapan akan dilaksanakan rapat isbat. ***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Jadwal Awal Puasa 1 Ramadhan 2022 Menurut NU, Pemerintah, dan Muhammdiyah: Kapan Sidang Isbat Digelar? "