Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BLT UMKM Cair, 12 Juta Pelaku Usaha Dapat Rp600.000

Pemerintah berencana membayar Banpres untuk Usaha Mikro atau UMKM BLT. BLT UMKM ini menargetkan 12 juta pelaku UMKM.

“Sebelumnya Banpres mengajukan proposal untuk usaha mikro dan juga berencana memberikan Rp 600.000 per penerima, yang sama dengan PKLWT dengan target 12 juta penerima manfaat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat paripurna kabinet Jakarta. pertemuan.
BLT UMKM Cair, 12 Juta Pelaku Usaha Dapat Rp600.000

Seiring dengan tekanan geopolitik di Rusia dan Ukraina yang mendorong kenaikan harga berbagai komoditas, terutama pangan dan energi, pembayaran dari BLT UMKM dimasukkan dalam rencana penguatan perlindungan sosial.

"Yang kami tahu adalah bahwa harga berbagai komoditas seperti gas alam telah naik, batu bara di $258, Brent telah melampaui $100, minyak sawit mentah di $1.500 dan gandum di $1.000. Rusia adalah produsen utama gandum. Negara-negara besar , minyak nabati, dan karenanya berbagai harga pangan. Angka global dari FAO juga meningkat, dengan indeks di atas 140, dan indeks untuk komoditas minyak nabati juga meningkat menjadi di atas 200," kata Airlangga.

Karena itu, Indonesia terpengaruh oleh ketegangan geopolitik, katanya. Pertama-tama, pendapatan ekspor akan meningkat, tetapi akan ada transmisi di dalam negeri, tidak sepenuhnya ke publik.

“Oleh karena itu arahan Presiden agar perlindungan sosial perlu diperkuat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan subsidi langsung, kemarin terkait kartu sembako 18,8 juta penerima, ditambah tambahan 2 juta PKH dan tambahan minyak goreng BLT 300.000 Indonesia. selama 3 bulan rupiah. Atau 100.000 rupiah per bulan selama 3 bulan, mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini,” kata Airlangga.

Artikel Ini Telah Tayang di economy.okezone.com Dengan Judul "BLT UMKM Cair, 12 Juta Pelaku Usaha Dapat Rp600.000"