Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kapan PKH Cair? Simak Jadwal Pencairannya dan Cara Cek Bansos 2022 Online Pakai KTP Lewat Link Berikut

Kapan PKH Cair? Simak Jadwal Pencairannya dan Cara Cek Bansos 2022 Online Pakai KTP Lewat Link BerikutProgram Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial (bansos) dengan banyak kategori penerima dan memberikan bantuan tunai (BLT) hingga Rp3 juta.

Lantas, kapan bantuan sosial PKH dibayarkan? Baca artikel ini untuk mengetahui dan cara cek bansos PKH bantuan hingga Rp3 juta.

Cek Bansos PKH 2022 dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi tautan resmi Cekbansos.kemensos.go.id dan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai acuan data.

Link Cekbansos.kemensos.go.id dapat diakses dengan mudah dari handphone (HP) atau laptop, dan tentunya kondisi jaringan internet yang stabil.

Sebagai informasi, bantuan sosial PKH adalah bantuan pemerintah kepada masyarakat yang termasuk dalam kategori tertentu rumah tangga miskin atau rentan.

Alih-alih pembayaran bulanan, bantuan ini memiliki jadwal distribusi yang ditetapkan oleh pemerintah selama setahun.

Sesuai jadwal penyaluran, bansos PKH disalurkan dalam empat tahap dalam satu tahun, tepatnya Januari, April, Juli dan Oktober 2022.

Diketahui, besaran bantuan sosial ini berbeda-beda sesuai dengan kategori penerimanya. Mengingat masa lalu, pemerintah telah mengidentifikasi tujuh kategori penerima bantuan PKH.

Dua di antaranya adalah ibu hamil atau nifas dan anak balita usia 0-6 tahun. Masing-masing dari dua kategori ini menerima BLT tahunan sebesar Rp 3 juta.

Kemudian ada kategori anak sekolah yang mendapatkan Rp 900.000 per tahun untuk SD/sederajat, Rp 1,5 juta per tahun untuk SMP/sederajat dan Rp 2 juta per tahun untuk SMA/sederajat.

Kemudian, penyandang disabilitas fisik dan mental berat juga mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp 2,4 juta per tahun dari pemerintah.

Lansia (lansia) di atas usia 70 tahun juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Bantuan diberikan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri.

CARA CEK NAMA PENERIMA BANTUAN SOSIAL 2022

Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima PKH, silakan lihat Bantuan Sosial 2022 online di bawah ini;
  • Akses link Cekbansos.kemensos.go.id melalui browser HP atau laptop Anda.
  • Siapkan kartu identitas.
  • Isikan alamat provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa sesuai KTP.
  • Masukkan nama lengkap Anda.
  • Lengkapi kode 8 huruf sesuai gambar. Jika kode huruf tidak jelas, klik "Kode Verifikasi" untuk mendapatkan kode huruf baru.
  • Setelah mengisi semua kolom, klik "Search Data" untuk melihat hasil pencarian.
Jika data yang dimasukkan sesuai dengan database DTKS maka akan muncul hasil pencarian berupa nama penerima, umur, dan jenis bansos yang diterima.

Namun jika tidak ada kecocokan maka hasil pencarian yang muncul adalah pesan dengan tulisan “Unregistered Participant/PM”.

Hal ini dapat diatasi dengan terlebih dahulu mendaftar ke DTKS Kemensos, yang dapat dilakukan secara online menggunakan ponsel atau offline langsung di desa setempat.

Itu saja tentang jadwal pembayaran PKH dan cara cek bansos 2022 online dengan link Cekbansos.kemensos.go.id untuk BLT sd Rp3 juta.

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Kapan PKH Cair? Simak Jadwal Pencairannya dan Cara Cek Bansos 2022 Online Pakai KTP Lewat Link Berikut"