Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bingung Besok Harus Bayar Hutang

Bingung besok harus bayar hutangHidup dalam hutang tentu tidak nyaman. Setiap hari stres dan membingungkan karena tidak bisa membayar tepat waktu. Jika Anda bingung harus membayar hutang besok tetapi tidak punya uang, coba baca doa ini.

Semua orang bingung harus membayar hutangnya besok, tetapi tidak ada uang untuk membayarnya, dan tentu saja itu membuatnya merasa tidak nyaman dan takut setiap hari. Apa yang bisa saya gunakan untuk melunasi hutang saya? Tidak ada uang juga.

Agar bisa menenangkan pikiran dan terhindar dari huru-hara utang, cobalah untuk berusaha. Ikhtiat diartikan sebagai usaha untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Salah satu bentuk ikhtiar adalah doa.

Rasulullah SAW sering memberikan contoh doa yang harus diucapkan dalam situasi apapun agar Allah SWT dapat membantu meringankan kesulitan yang kita alami. Termasuk kesulitan membayar utang. Lalu apa doa yang membuat Anda tidak bingung saat terlilit hutang?

Berikut Doa Agar Tidak Bingung Saat Terlilit Hutang

Melansir dari situs resmi Nahdlatul Ulama, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah bagi yang sedang bingung besok harus bayar hutang. Adapun doa-doa tersebut yaitu sebagai berikut:

Allahumma inniia‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang-orang."

Abu Sa'id al-Khudri juga mengisahkan, pada suatu ketika, Rasulullah SAW masuk masjid. Rupanya di dalam masjid ada seorang laki-laki (Anshar) bernama Abu Umamah. Rasulullah SAW pun kemudian menyapanya.

"Hai Abu Umamah, ada gerangan apa yang membuatmu terduduk di masjid di luar jam shalat?"

Abu Umamah lalu menjawab: "Aku seperti ini karena kebingungan akan hutang-hutangku, ya Rasul."

Rasulullah SAW kembali bertanya: "apakah kamu mau jika aku mengajarkan bacaan (doa) yang mana jika membacanya, Allah SWT akan menghilangkan kebingunganmu serta memberi kemampuan kepadamu untuk melunasi utang?."

Umamah menjawab: "Tentu saja mau, ya Rasul."

Kemudian Rasulullah SAW pun memberikan doa agar terhindar dari kebingungan akan hutang dan diberi kemampuan untuk membayar hutang kepada Umamah. Adapun bacaan doanya yaitu seperti yang sudah disebutkan di atas.

Nah, bagi yang saat ini sedang bingung besok harus bayar hutang, coba amalkan doa yang diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW tersebut dengan tulus dan sungguh-sungguh. Semoga siapapun yang sedang terlilit hutang bisa segera dimudahkan oleh Allah untuk melunasinya. Amiin.