Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Jadwal 8 Bansos Cair Juni 2022, Cek Di Sini.

Inilah Jadwal 8 Bansos Cair Juni 2022, Cek Di Sini.

Delapan bantuan sosial direncanakan akan disalurkan pada Juni mendatang. Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk subsidi bantuan kepada 20,5 juta rumah tangga dan 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Rumah Harapan (PKH).Gaji (BSU) atau gaji BLT .

Dalam laporan detikcom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan terkait perlindungan masyarakat, realisasinya sudah mencapai 49,27 triliun. Lantas, bantuan sosial seperti apa yang ada?

https://www.juragandesa.net/2022/06/blog-post.html

Inilah Jadwal 8 Bansos Cair Juni 2022, Cek Di Sini.


Daftar Bantuan Sosial Seluler Juni 2022


Gaji BSU atau BLT


Pemerintah akan kembali membayar gaji BSU atau BLT sebesar Rp 1 juta pada 2022. Pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 8,8 triliun. BLT gaji Rp 1 juta rencananya akan dibagikan kepada 8,8 pekerja yang berpenghasilan kurang dari Rp 3,5 juta per bulan.

Chairul Fadly Harahap, Kepala Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), mengatakan pihaknya saat ini sedang merancang proses pendistribusian BSU, mulai dari regulasi hingga kriteria penerima.

“Saat ini Kementerian Tenaga Kerja masih mempersiapkan implementasi perangkat kebijakan BSU 2022 berupa Menteri Pengawasan Tenaga Kerja (Permenaker) untuk memastikan program BSU dapat berjalan dengan cepat, tepat, akurat dan bertanggung jawab,” kata Chairul di detikcom. , Selasa lalu (2022 5 Oktober).

minyak goreng BLT

Pemerintah telah mengumumkan akan memberikan 300.000 rupiah BLT minyak goreng. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat meringankan beban harga minyak goreng yang tinggi.

Kementerian Sosial telah mengumumkan bahwa distribusi BLT minyak nabati akan dilakukan pada April 2022. Pendistribusian minyak nabati BLT tersebut dikatakan melalui PT Pos Indonesia.

“Indeks bantuannya Rp100.000/bulan untuk periode tiga bulan April, Mei dan Juni, dengan pembayaran satu kali Rp300.000,” tulis Instagram @kemensosri dikutip Sabtu (9/4/2022).

Target penerima dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama adalah rumpun yang tercantum dalam daftar BNPT dan PKH. Klaster tersebut berada di bawah tanggung jawab Kementerian Sosial, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 6,2 triliun untuk 20,65 juta orang.

BLT UMKM

BLT UMKM sebesar Rp600.000 akan terus diterbitkan pada tahun 2022. Skema pembayaran BLT UMKM disalurkan kepada 12,8 juta peserta usaha mikro di seluruh Indonesia.

Eddy Satria, Perwakilan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan proses pembayaran BLT bagi UMKM baru akan dilakukan setelah Lebaran. Belum bisa bayar karena masih menunggu anggaran Departemen Keuangan.

"(Pembayaran BLT UMKM) masih mengkonsolidasikan anggaran Kementerian Keuangan dan proses Idul Fitri baru saja berakhir," kata Eddie kepada detikcom belum lama ini.

Bantuan Sosial PKH

Ibu hamil merupakan salah satu sasaran penerima BLT melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Menurut situs resmi Kementerian Sosial, .go.id, ibu hamil dapat menerima bantuan PKH sebesar Rp3 juta untuk ibu hamil. Bantuan sosial ini diberikan melalui bank-bank milik negara (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN).

Kementerian Sosial telah mengumumkan bahwa penyaluran bantuan sosial PKH untuk minyak goreng dan sembako beserta BLT mulai April 2022 hingga Juni 2022.

Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Pemerintah juga telah memperkenalkan bantuan uang tunai untuk pedagang kaki lima dan Warung (PKLW). Menurut situs resmi covid19.go.id, bantuan tersebut ditujukan untuk 2,5 juta PKLW, terutama usaha makanan. Bantuan untuk masing-masing penerima manfaat sebesar Rp 300.000 yang akan langsung disalurkan oleh TNI/Polri mulai April 2022.

Bantuan Modal Usaha

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan keuangan usaha senilai 1,2 juta rupiah kepada para pedagang. Di tengah merebaknya virus COVID-19, para pedagang membutuhkan tambahan modal untuk mengembalikan usahanya, jelas Jokowi.

kartu pra kerja

Pendaftaran Kartu Prakerja ke-31 resmi dibuka pada Minggu (29/5/2022). Informasi peluncuran program Kartu Prakerja Wave 31 telah diumumkan di akun resmi Instagram @prakerja.go.id. Anggaran untuk program kartu pra kerja tahun 2022 sebesar Rp 11 triliun. Sebelumnya disebutkan, anggaran tersebut sebesar 4,3 persen dari dana bansos dalam APBN 2022, dengan total sebesar Rp252,3 triliun.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja pemerintah bagi pencari kerja, pekerja/buruh yang diberhentikan dan/atau pekerja/buruh yang perlu ditingkatkan keterampilannya.

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa akan terus bergulir pada 2022. Berdasarkan PMK 190 Tahun 2021 sebagai turunan Perpres 109 Tahun 2021, BLT Dana Desa minimal 40% dari anggaran Dana Desa. Besarannya Rp 300.000/bulan selama 12 bulan.

Perluasan Panel Penerima BLT Dana Desa 2022 (KPM). Tidak hanya masyarakat miskin, petani atau pekerja yang terkena PHK yang terdampak wabah juga bisa merasakan program jaring pengaman sosial ini.

Artikel ini telah tayang di dengan judul “8 Bansos Ini Dijadwalkan Cair Juni 2022, Cek di Sini!