Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Memilih Anggota Tuha Peut Gampong



Lembaga Tuha Peut Gampong yang selanjutnya disingkat TUHA PEUT atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Gampong berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis

Untuk pengisian keanggotaan TUHA PEUT dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui pengisian anggota TUHA PEUT berdasarkan keterwakilan wilayah dan pengisian TUHA PEUT berdasarkan keterwakilan perempuan.

Adapun yang dimaksud dengan pengisian anggota TUHA PEUT berdasarkan keterwakilan wilayah yakni dilakukan untuk memilih calon anggota TUHA PEUT dari unsur wakil wilayah pemilihan dalam Gampong. Dan jumlah anggota TUHA PEUT dari masing - masing wilayah ditetapkan secara proposional dengan memperhatikan jumlah penduduk.

Sedangkan, pengisian anggota TUHA PEUT berdasarkan keterwakilan perempuan dilakukan untuk memilih satu orang perempuan sebagai anggota TUHA PEUT Wakil perempuan.

Calon anggota TUHA PEUT wakil perempuan adalah warga Gampong yang memenuhi syarat anggota TUHA PEUT serta memiliki kemampuan dalam menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan perempuan. Adapun untuk pemilihan anggota TUHA PEUT dari unsur perempuan dilakukan oleh perempuan warga Gampong yang memiliki hak pilih.

Baik unsur laki - laki dan perempuan, secara umum persyaratan calon anggota TUHA PEUT, sebagai berikut:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika;
  3. Berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun atau sudah/pernah menikah;
  4. Berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat;
  5. Bukan sebagai perangkat Pemerintah Gampong;
  6. Bersedia dicalonkan menjadi anggota TUHA PEUT;
  7. Wakil penduduk Gampong yang dipilih secara demokratis; dan
  8. Bertempat tinggal di wilayah pemilihan.
Selain persyaratan diatas, beberapa daerah ada yang menetapkan persyaratan tambahan bagi calon anggota TUHA PEUT sesuai kearifan lokal masing - masing.

Lalu apa fungsi dan tugas TUHA PEUT setelah terpilih dan lantik sebagai wakil masyarakat, dalam Permendagri No.110/2016 tentang Badan Permusyawaratan Gampong mempunyai fungsi, antara lain membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Gampong bersama Keuchik Gampong, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Gampong, dan melakukan pengawasan kinerja Keuchik Gampong.