Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Metode Pengumpulan Data


BAB III
METODE PENELITIAN
Metode Pengumpulan Data

A.    Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif, secara memberikan gambaran terhadap segala bentuk permasalahan yang terjadi disuatu tempat atau daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Library Research, yaitu penulis berusaha mendapatkan data-data melalui sejumlah literatur atau buku-buku yang ada kaitannya dengan peranan tokoh masyarakat dalam peningkatan ibadah pada masyarakat Moncrang Syamtalira Aron
2. Field Research, Yaitu penulis berusaha mendapatkan data-data tentang peranan tokoh masyarakat dalam peningkatan ibadah pada masyarakat Moncrang Syamtalira Aron, dengan teknik sebagai berikut.
      1. Observasi
                        Observasi ini dilakukan dengan menyiapkan panduan observasi tentang kegiatan belajar mengajar siswa dan penggunaan metode yang digunakan guru dalam mengajar siswa.
2. Wawancara
Wawancara ini ditujukan kepada tokoh masyarakat, melalui pemberian beberapa pertanyaan, untuk mendapatkan data kongkrek tentang peranan tokoh masyarakat dalam peningkatan ibadah pada masyarakat Moncrang Syamtalira Aron peranan tokoh masyarakat dalam peningkatan ibadah pada masyarakat Moncrang Syamtalira Aron
           
B.    Sumber Data Penelitian
Adapun yang menjadi sumber data  dalam penelitian ini adalah seluruhan tokoh masyarakat yang berjumlah 18 orang di desa Moncrang Syamtalira Aron. Dikarenakan jumlah populasi di bawah 100 orang, maka penelitian ini disebut penelitian populasi (population sampling)[1] Maka yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah sejumlah populasi yang ada, yaitu kepala desa 1 orang, tgk imam 1 orang, aparatur desa 12 orang, dan Ulama/guru ngaji 4 orang yang berjumlah 18 orang.

C.    Teknik Pengolahan Data
Setelah semua data telah terkumpul, maka penulis melakukan pengolahan data dengan cara menganalisis, namun hasil wawancara kemudian penulis mengambil kesimpulan.
Adapun sistem penulisan pada skripsi ini, penulis berpedoman pada karya ilmiah jurusan Tarbiyah  STAIN Lhokseumawe tahun 2008.[2]





[1]Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2006), hal. 112

[2]Jurusan Tarbiyah, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Pertama (Lhokseumwe: STAIN Lhokseumawe, 2008), hal.9.