Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemendagri Siapkan NIPD Bagi Perangkat Desa, Download Format Pendataan TERBARU

Kemendagri Siapkan NIPD Bagi Perangkat Desa, Download Format Pendataan Tahun 2020

Sahabat Blog Juragan Berdesa, pada kesempatan ini admin akan kembali berbagi tentang Format Pendataan Perangkat Desa Tahun 2020 Salah satu dasar dari tertib administrasi kepegawaian dari perangkat desa merupakan penerbitan no induk untuk perangkat desa itu sendiri. Perihal inilah yang jadi salah satu topik pembahasan manakala PP PPDI berkunjung ke Dirjen Bina Pemerintah Desa, Kamis( 12/ 09/ 2019).

Beberapa PP PPDI yang langsung dipandu Pimpinan Universal Mujito, S. H diterima

Direktur Penyusunan serta Adminitrasi Desa Aferi Syamsidar, Meter. Sang, mengantarkan kalau penerbitan Nomor Induk Perangkat Desa(NIPD) ini ialah salah satu usulan yang timbul pada saat Musyawarah Nasional PPDI di Magelang bulan Juli tahun 2019.

Terkait dengan nomor induk ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang mempersiapkan rancangan pedomannya, dengan penyebutannya tiap- tiap, misalnya Nomor Induk Perangkat Desa(NIPD) ataupun NRPD, ucap dia.

Yang kami atur nanti merupakan hal- hal yang tercantum dalam penomoran itu nanti, jadi secara pendek dapat dikenal yang bersangkutan dinaikan tahun berapa, lahir tahun berapa, serta hendak pensiun pada tahun berapa,ucap Pak Feri sapaan akrab dia. Diharapkan pada tahun 2020 nanti, penomoran ini telah berjalan.

Usulan terkait Nomor Induk Perangkat Desa(NIPD) ini mengemuka bagaikan salah satu usulan PPDI mengingat jabatan perangkat desa ini di sebagian daerah ialah jabatan yang rawan hendak pemecatan. Semacam dikenal, banyak desa- desa yang Kepala Desanya dengan gampang memutasi bahkan memecat perangkat desa usai gelaran pilkades, dengan bermacam alibi dimana alibi beda pemikiran politik begitu mendominasi alibi pemecatan tersebut.

Di Indonesia sendiri telah terdapat sebagian Kabupaten yang berinisiatif membagikan Nomor Induk Perangkat Desa(NIPD) ini, semacam Serbu, Cirebon, Tasikmalaya, Ponorogo serta sebagian daerah diluar Jawa.

PPDI berharap dengan penerbitan Nomor Induk Perangkat Desa(NIPD) ini membagikan rasa nyaman serta aman untuk perangkat desa, ini salah satu tujuan gimana PPDI secara organisasi sanggup berikan kedudukan nyata kepada anggotanya, sambung Pimpinan Universal Mujito, S. H selepas kunjungan tersebut.

Sumber : http://puskominfo-ppdi.or.id/kemendagri-siapkan-aturan-nipd-bagi-perangkat-desa/

Selengkapnya: Silahkan anda Download Format Pendataan Terbaru (NIPD), DONWLOAD DISINI