Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Monitoring PKH, Koordinator PKH Bireuen Kunjungi Gampong Garab

Monitoring PKH, Koordinator PKH Bireuen Kunjungi Gampong Garab
Muhammad Faisal, ST (Koordinator PKH Kab. Bireuen)


Avanza warna putih yang diikuti 2 Sepeda motor bebek itu melaju pelan menuju Gampong Garab, Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen. Mobil dengan nomor polisi BK 1031 UZ tersebut pelan-pelan diparkirkan ke tepi jalan Gampong yang memiliki luas kurang lebih 4 meter, Rabu (7/11/2019).

Dari dalam mobil, Muhammad Faisal bergegas turun menyebrangi badan jalan. Koordinator PKH Kabupaten Bireuen itu ikut ditemani Cut Citra Dewi, A.Md, Feriyanti, S.Pd.I, Nurfadhillah, S.H, dan Ardiyanti, A.Md.

Kedatangan orang nomor satu di Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten itu ke Gampong Garab bukan tanpa alasan. Muhammad Faisal ingin melihat dan memastikan langsung penerima bantuan PKH tepat sasaran.

Sesampai di lokasi, Muhammad Faisal beserta rombongan langsung disambut ramah oleh Ernawati, KPM PKH (40 tahun) yang tinggal bersama suami dan 3 anaknya, suaminya yang sehari-hari berprofesi sebagai pemanjat pohon pinang.

Kepada Muhammad Faisal, Erna mulai mengulas perjalanan hidupnya yang kurang beruntung. KPM PKH miskin itu terkadang harus membantu suami ke kebun demi mencukupi nafkah keluarga kecilnya. Sebab, suaminya sendiri belum memiliki kerja tetap untuk menafkahi dirinya bersama keluarga.

“Pak Korkab, inilah gubuk kami yang selama ini menjadi tempat untuk kami berteduh,” ujar Erna dengan mata berkaca-kaca.

Sungguh, kata Erna, dinding kamar rumah ini hanya ditutupi dengan terpas dan kayu bekas. Di ruang tamu ini, lanjut Erna, selain sebagai tempat memulikan tamu, juga dijadikan sebagai tempat untuk memasak. Sedangkan untuk menutupi lubang di kamar mandi, Suaminya terpaksa harus memagarinya dengan plastik warna hitam.

“Di ruang tamu ini juga saya jadikan sebagai tempat masak, sebab kami tidak memiliki dapur,” keluh Erna.

Bagi Muhammad Faisal, kunjungan sosial yang dilakukannya sudah menjadi agenda rutinitas kala ia menjadi Koordinator PKH Kabupaten Bireuen. Mantan Fasilitator PNPM itu mendengarkan keluh kesah KPM PKH itu dengan rasa sedih.

Muhammad Faisal, memberikan motivasi kepada Erna untuk memanfaatkan bantuan PKH untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan sang buah hati ibu Erna.

“Insya Allah kami doakan ibu Erna sehat selalu dan mampu mendidik dan membesarkan sang buah hatinya, semoga anak ibu menjadi anak yang bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa nantinya.
Dirinya juga berpesan agar masyarakat Penerima bantuan PKH supaya mampu memanfaatkan dana banatuan tersebut untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan anak.

“Harapan kami, semua penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) suatu saat menjadi keluarga mandiri dan tidak tergantung lagi dengan bantuan pemerintah,



Monitoring PKH, Koordinator PKH Bireuen Kunjungi Gampong Garab