Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Usia Sekolah Dasar Mencintai Matematika

Anak Usia Sekolah Dasar Mencintai Matematika
Anak usia sekolah dasar pada umumnya tidak menyukai matematika. Karena pola pikir yang sudah terbentuk adalah rumit. Mengenal dan langsung disuguhi dengan angka membuat mereka tidak memahami apa yang disajikan. Apa yang dipelajari. Untuk apa mempelajarinya. Serta rentetan masalah yang mereka sendiri bingung. Kenapa saya tidak bisa.

Kita tidak bisa memaksa nilai mereka harus tinggi pada pelajaran ini. Tapi setidaknya mereka tahu bahwa ini pelajaran penting. Suka atau tidak matematika dasar harus mereka kuasai.

Belajar itu bisa dengan berbagai cara, serta hasil pencapaian yang berbeda pada tiap individu.

Tidak mudah bukan berati sulit. Hanya usaha kita saja yang harus berlebih.

Ketika matematika sudah jadi hal yang menyenangkan. Tanpa diminta pun mereka akan buka sendri bukunya lalu menjawab soal yang mereka anggap mudah.

Paradigma yang terbentuk yang membuat mereka enggan dengan matematika. Lebih tepatnya bicara angka. Tapi setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama. Mereka cerdas pada tiap hal yang berbeda. Kita hanya harus lebih sabar dalam memahaminya.

Sehingga kita mampu membimbing mereka kearah yang menjadi keahliannya. Bukan malah membimbing dan menekuni hal yang sudah menjadi batas standar kemampuan mereka. Lalu berharap nilai seratus dari hasil "dikte" kita.

Anak kita bukan mesin yang dapat kita bentuk seperti ingin kita.

Mereka adalah produk hasil seleksi alam. Serta dilengkapi bakat alamiahnya sendiri.

Semoga kita semua bisa lebih sabar dalam mendidik.

Semoga matematika menjadi pasion mereka dalam menerima uang.

Saat melihat uang. Waw. Itu matematika.

Amarantha