Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kabar Terbaru BLT UMKM/BPUM Tahap 3 Cair 16 Agustus 2021, Benarkah? Cek Jadwal Pencairan dan Login BRI/BNI

Kabar Terbaru BLT UMKM/BPUM Tahap 3 Cair 16 Agustus 2021, Benarkah? Cek Jadwal Pencairan dan Login BRI/BNI
Kabar Terbaru BLT UMKM/BPUM Tahap 3 Cair 16 Agustus 2021, Benarkah? Cek Jadwal Pencairan dan Login BRI/BNI

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa, Jadwal pencairan BLT UMKM atau BPUM dilakukan beberapa tahap, yakni pada Juli 2021 kepada 1,5 juta pelaku Usaha Mikro, Agustus 2021 kepada 1 juta pelaku Usaha Mikro, September 2021 kepada 500 ribu pelaku Usaha Mikro.

Lantas, ada kabar yang beredar apakah benar pencairan BPUM Tahap 3 ke rekening pada 16 Agustus 2021?

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara resmi telah diumumkan diperpanjang kembali oleh pemerintah pada tanggal 16 Agustus 2021, sedangkan PPKM Level 2-4 di luar Jawa-Bali diperpanjang 23 Agustus 2021.

Sebagaimana dilansir Seputarlampung.com dari laman Kemenkopukm, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM menyampaikan anggaran BPUM pada tahun 2021 sebesar Rp11,76 triliun yang diperuntukan untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro dengan nilai bantuan masing-masing per pelakuku usaha sebanyak Rp1,2 juta. Anggaran tersebut telah dituangkan ke dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan realisasinya telah mencapai 100 persen.

Sehingga, dengan demikian kuota penerima BLT UMKM pada tahap 2 Juli sampai September yaitu sebanyak 3 juta penerima dengan total anggaran yang terserap sebesar Rp3,6 triliun.

“PPKM level 4 yang diberlakukan Pemerintah tanggal 9 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR. Oleh karena demikian, dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kembali penerapan PPKM level 4 mulai dari tanggal 10 Agustus 2021 sampai dengan 16 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” kata Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya terkait perkembangan PPKM, Senin, tanggal 9 Agustus 2021.

Selain itu, pemerintah juga meluncurkan bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, serta bantuan subsidi upah yang juga sudah mulai berjalan dan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat, yakni Program Keluarga Harapan atau PKH, Bantuan Sosial Tunai atau BST, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT Desa.

“Atas arahan Presiden RI, maka PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa dan Bali akan diperpanjang hingga tanggal 16 Agustus 2021,” ucap Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Kendati demikian, pemerintah berupaya segera menyalurkan bantuan seperti BPUM atau BLT UMKM agar para pelaku usaha mikro dapat menggunakan dana tersebut di tengah perpanjangan PPKM Level 4, mulai 10 sampai 16 Agustus 2021.

Bagi pelaku UMKM yang ingin mengetahui, apakah nama anda terdaftar sebagai penerima BLT UMKM tahap 2 atau 3, bisa ikuti tahapan cek penerima Banpres BPUM Rp1,2 juta via BRI di link online eform.bri.co.id:

1. silakan Buka laman eform.bri.co.id

2. silakan Masukkan NIK eKTP

3. silakan Masukkan kode verifikasi yang tertera

4. Selanjutnya Proses Inquiry untuk mengetahui bantuan cair atau tidak.

Berikut ini merupakan cara untuk melakukan pengecekan daftar penerima bantuan Banpres BPUM di laman banpresbpum.id, yakni:

1. silakan Siapkan nomor KTP

2. silakan Login ke link banpresbpum.id

3. silakan Masukkan nomor KTP

4. silakan Klik tombol Cari

Demikianlah, ulasan artikel mengenai kabar terbaru BLT UMKM/BPUM Tahap 2 atau 3 yang kabarnya akan cair disaat PPKM Darurat atau Level 4 diperpanjang, mulai tanggal 10 sampai 16 Agustus 2021. Namun, untuk info selengkapnya terkait tanggal kepastian pencairan bantuan UMKM bisa di cek di laman sosial media Kemenkop UKM

Sumber: seputarlampung,pikiran-rakyat