Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Cara Daftar BLT Ibu Rumah Tangga

Ini Cara Daftar BLT Ibu Rumah Tangga


Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun ini.

Salah satu yang terbaru adalah BLT untuk ibu rumah tangga. Setiap ibu menerima 2,4 juta rupee dalam satu tahun.

"Bantuan sosial akan disalurkan serentak ke seluruh Indonesia mulai 4 Januari 2021," tulis Kemensos seperti dikutip Selasa (3 September 2021). Untuk menerima

BLT Ibu Rumah Tangga, Anda harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) terlebih dahulu. KKS dapat diperoleh jika tercatat dalam Data Sosial Terpadu (DTKS).

Jika Anda sudah terdaftar di DTKS, Anda akan otomatis terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Setelah registrasi, penerima akan langsung menerima KKS, yang darinya akan dibayarkan BLT ibu rumah tangga.

Pembayaran dilakukan melalui bank BNI, BRI, Mandili dan BTN dalam empat tahap: Januari, April, Juli dan Oktober.

Ada juga BLT untuk ibu hamil. Bantuan untuk ibu hamil diberikan sebesar Rs 3 juta per tahun.

Syarat untuk menerima bantuan sosial bagi ibu hamil ini adalah memiliki Kartu Jaminan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS, Anda dapat mengajukan permohonan terlebih dahulu ke RT/RW kemudian ke kelurahan.

Selain ibu hamil, anak usia dini menerima bantuan sosial sebesar 3 juta rupee setiap tahunnya. Bisa juga digunakan oleh siswa sekolah dasar dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. 4.444 siswa SD menerima 900.000 rupiah per tahun atau 75.000 rupiah per bulan. Selanjutnya untuk siswa SMP sebesar Rp1,5 juta, yaitu Rp125.000 per bulan.

Selain itu, untuk siswa SMA/bulan Rp. 2 juta atau Rp. 166,6 ribu. Kemudian 2,4 juta rupee setahun untuk penyandang disabilitas berat.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI WWW.CNBCINDONESIA.COM DENGAN JUDUL “Ini Cara Daftar BLT Ibu Rumah Tangga