Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Petunjuk Teknis operasional Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa

Download Petunjuk Teknis operasional Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa


Permendagri #20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa merupakan sumbangsih nyata dari Kementerian Dalam Negeri bagi terwujudnya misi agung untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 adalah peraturan yang progresif dan Permendagri adalah peraturan yang positif.

Sebagai kementerian yang memulai dan mengesahkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kami berkewajiban untuk memastikan bahwa UU Desa dilaksanakan sesuai rencana semula. Selama sekitar 10 (10) tahun, para aktivis desa telah bekerja keras untuk merancang undang-undang desa di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri. Pengesahan UU Desa merupakan desakan yang telah lama ditunggu-tunggu bagi desa-desa di seluruh Indonesia. Namun perhatikan perkembangan yang terjadi setelah undang-undang desa berlaku.

Kami menyadari bahwa kami perlu mendistorsi pemikiran kami tentang implementasi undang-undang desa. Permendagri tahun 2018 nomor 20 merupakan salah satu peraturan turunan dari undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan disesuaikan dengan perkembangan yang berkembang. Pola hibrid regulasi, yang memadukan prinsip pemberdayaan dengan prinsip pengelolaan keuangan, merupakan langkah berani. Permendagri No. 20 Tahun 2018 adalah Pokok-pokok Pemberdayaan yang menjadi salah satu landasan Kementerian Dalam Negeri untuk merumuskan undang-undang desa, dan Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan dengan membuat Standar Akuntansi Pelaporan Berbasis Kas. Ide awalnya adalah untuk mengadopsi.

Selengkapnya silakan Bapak/Ibu Download Petunjuk Teknis operasional Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa. DOWNLOAD DISINI