Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil

Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil. Menabung merupakan kegiatan positif yang tujuannya untuk menyimpan atau menyiapkan uang untuk suatu tujuan tertentu. Namun ada Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil yang harus Anda ikuti supaya tabungan Anda bertambah.

Bagi sebagian orang, dalam proses menabung seringkali banyak tantangan yang biasanya berasal dari diri sendiri. misalnya, ketika menabung sering kita ambil untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak bermanfaat.
Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil


Untuk itu, perlu Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil agar ketika kita menabung tidak sering diambil-ambil. Berikut ini merupakan Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil:

1. Letakkan Tabungan di tempat yang tersembunyi

Meletakkan tabungan di tempat yang tersembunyi ini agar membuat Anda tidak khilaf mengambilnya untuk hal-hal yang kurang penting.

Anda juga bisa meletakkan tabungan di tempat yang susah dijangkau agar Anda merasa malas, kerepotan atau berpikir panjang untuk mengambilnya. Hal ini semata-mata karena untuk menghindari Anda dari sikap konsumtif.

2. Tulislah Tujuan Menabung Pada Tabungan

Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil berikutnya adalah menulis tujuan menabung pada tabungan akan membuat Anda semangat untuk menabungnya. Ketika mau mengambil, Anda akan membaca tujuan awal Anda menabung, dan membuat Anda sadar jika tabungan tersebut hanya boleh digunakan sesuai dengan tujuan.

Jadi, jika Anda ingin mengambilnya Anda akan merasa sayang dan berpikir kembali untuk menggunakannya.

3. Tentukan Jumlah Nominal Yang Ingin Dicapai

Menentukan jumlah uang yang dicapai akan memotivasi Anda saat menabung. Ketika Anda berpikir akan mengambilnya untuk hal-hal yang dirasa kurang penting, Anda akan sadar jika jumlah uang yang Anda targetkan belum terlampaui. Dengan begitu Anda akan mengurungkan niat Anda untuk mengambilnya.

4. Jangan Anda Remehkan Uang Recehan

Ketika anda menabung, jangan membeda-bedakan nominal dalam uang, semua sangat berarti. Sehingga Ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit’.

Artinya uang recehan yang Anda kumpulkan sedikit-sedikit jika terus-terusan lama-lama juga akan memiliki nilai yang tinggi. Daripada uang receh yang Anda miliki tak sengaja terbuang atau tak terawat, lebih baik Anda masukkan ke dalam tabungan.

5. Buatlah Rekening Terpisah Jika Anda Menabung Di Bank


Jika Anda memilih untuk menabung di bank dan hanya memiliki satu rekening saja, hal tersebut akan menjadi masalah, apabila Anda tidak bisa membedakan uang yang ditabung dan uang yang dijadikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika rekening yang digunakan untuk menabung dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari berbeda, maka Anda tidak perlu cemas lagi uang Anda tercampur.

6. Buatlah pengingat dari orang terdekat

Agar tujuan menabung Anda bisa tercapai, tips selanjutnya ialah buat atau minta tolong pengingat kepada orang terdekat Anda. Orang terdekat Anda akan membantu mengingatkan jika Anda ingin mengambil uang tabungan untuk hal yang kurang bermanfaat.

Dukungan dari orang terdekat sangatlah penting, inilah yang akan memotivasi atau semangat untuk terus menabung.

7. Buatlah prioritas kebutuhan

Cara menabung berikutnya adalah dengan menentukan prioritas kebutuhan Anda. Jika suatu saat Anda mengalami darurat ekonomi barulah Anda bisa menggunakan tabungan ini.

Hindari sifat konsumtif Anda membelanjakan uang tabungan untuk hal-hal yang sifatnya hanya keinginan saja, sedangkan kebutuhan wajib sehari-hari belum sepenuhnya tercukupi.

Demikianlah tulisan singkat tentang Cara Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil. Semoga bermanfaat. Salam Juragandesa.