Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman untuk Digunakan

Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman untuk Digunakan


Kehadiran aplikasi pinjaman uang online cepat bisa menjadi andalan banyak orang di tengah tanggal tua atau saat ada keperluan yang mendesak. Jika Anda tidak terlalu tertarik, periodenya panjang dan mudah diterapkan. Tak ayal, banyak orang yang tertarik menggunakan aplikasi pinjaman uang online cepat.

Namun, pengajuan pinjaman uang tunai online cepat atau yang sering disebut "pinjor", belakangan ini menjadi perhatian besar masyarakat umum. Saking gelisahnya, Presiden Joko Widodo turun tangan dengan menyusun strategi memberantas keberadaan pinjaman liar yang semakin marak.

Saat mengajukan pinjaman dengan aplikasi pinjaman uang online, Anda perlu mempertimbangkan lima karakteristik berikut yang menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan aman: 

Terdaftar di OJK. 

Daftar Ingatlah bahwa Anda tidak boleh tergoda untuk menggunakan aplikasi pinjaman online ilegal yang menawarkan pembayaran cepat di dalam dan di luar perusahaan. Cara termudah untuk memverifikasi legalitas aplikasi pinjaman uang online Anda adalah dengan memeriksa langsung di situs web OJK atau nomor WhatsApp resmi di https://www.ojk.go.id/id.

Jika Anda sudah terdaftar, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi Anda. Jika Anda belum mendaftar, cari opsi lain dan jangan mengajukan pinjaman di formulir aplikasi. Ada begitu banyak pilihan untuk mengajukan pinjaman uang tunai yang sah yang terdaftar. Per 6 Oktober 2021, total 106 operator FinTech yang sah terdaftar di OJK dan dapat dipilih.

Cara menggunakan aplikasi jelas 

Mengajukan pinjaman uang online ilegal juga cenderung menggunakan cara yang aneh-aneh saat mengajukan kredit. Misalnya, jika Anda mengunduh aplikasi menggunakan tautan khusus yang dikirim melalui WhatsApp, Anda tidak dapat mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store.

Ketahuilah bahwa setiap kali Anda mengalami kondisi ini, itu mungkin menunjukkan bahwa aplikasi atau layanan pinjaman Anda tidak aman. Mengunduh aplikasi dari tautan ini dapat merusak informasi pribadi Anda.

Aplikasi pinjaman uang online berkecepatan tinggi yang legal biasanya mencakup situs web dengan akses https, atau aplikasi yang dapat diunduh dari google play store atau app store. Salah satu contohnya adalah Kredivo.

Suku bunga dan durasi transparan sesuai kebutuhan 

Selain memilih pinjaman yang terdaftar di OJK dan secara eksplisit menggunakan aplikasi, Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut terlebih dahulu secara jelas menunjukkan tingkat suku bunga, jangka waktu, dan biaya lain yang terkait dengan pinjaman tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa lebih aman dan tenang saat menyewa dan memiliki perhitungan pembayaran pinjaman yang jelas. 

Seperti halnya Kredivo, Anda akan menerima semua informasi kredit dan cicilan terlebih dahulu sebelum menyetujui pinjaman. Dari limit kredit minimal 500.000 hingga double digit, suku bunga 2,6% per bulan dan jangka waktu 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Anda juga akan mendapatkan simulasi pinjaman dan pembayaran bulanan sebelum pinjaman disetujui. Jika Anda setuju, Anda dapat melanjutkan proses pengajuan pinjaman.

Ulasan pengguna lainnya 

Agar lebih aman dengan aplikasi pinjaman uang cepat online pilihan Anda, lihat dulu pengalaman dan ulasan pengguna lain yang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Ini dapat dengan mudah ditemukan di kolom Peringkat Pengguna Google Play Store atau App Store. Berapa ratingnya, berapa ratingnya, dan masalah apa yang dihadapi pengguna saat menggunakan aplikasi?

Ada banyak komentar positif, dan semakin tinggi peringkatnya, semakin baik. Di sisi lain, jika Anda memiliki peringkat yang lebih negatif atau lebih rendah, Anda harus siap untuk beralih ke aplikasi pinjaman uang online lain dan memantaunya.

Nah, itulah lima fitur pinjaman uang brankas online. Apakah Anda sudah mengetahui fitur-fiturnya atau membutuhkan pinjaman dalam keadaan darurat, Anda perlu waspada.