Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelajari Cara Memperbaiki Kanibalisasi Kata Kunci

Kata kunci bukanlah kanibal kecuali jika Anda membuatnya. Ya, kata itu terdengar menakutkan, dan itu sangat merusak kinerja situs Anda kecuali Anda mengambil tindakan korektif untuk memperbaikinya.

Kanibalisasi kata kunci bisa menjadi konsep yang paling disalahpahami di luar sana. Sebelum melangkah lebih jauh ke topik, mari kita pahami pertanyaan mendasar ini, 'Apa itu kanibalisasi kata kunci.'

Kanibalisasi kata kunci berarti memiliki lebih dari satu halaman web di peringkat situs Anda untuk kata kunci atau permintaan pencarian yang sama. Bisa jadi karena Anda telah mengoptimalkan konten untuk kata kunci yang sama atau topik yang cukup mirip. Ketika Anda mengoptimalkan konten untuk kata kunci yang serupa, itu akan mulai mengurangi potensi peringkat setiap halaman, dan itu juga dapat memengaruhi kinerja organik situs.

Pelajari Cara Memperbaiki Kanibalisasi Kata Kunci


Saat Anda menargetkan kata kunci yang tepat, Anda mengirim mesin pencari pesan yang tidak jelas tentang halaman mana yang akan diberi peringkat. Lebih buruk lagi, mesin pencari bisa memberi peringkat halaman yang salah untuk kata kunci tertentu. Selain itu, Anda juga mengurangi peluang peringkat lebih tinggi, mengurangi rasio klik-tayang, prospek, rasio konversi, dan otoritas halaman.

Anda juga tidak menunjukkan kepada pengunjung Anda kedalaman pengetahuan Anda atau memberi mereka informasi unik tentang produk atau layanan Anda.

Apa itu Kanibalisasi Kata Kunci?

Kanibalisasi kata kunci melibatkan beberapa halaman di situs web Anda yang dioptimalkan untuk kata kunci yang sama atau serupa, memaksa halaman tersebut untuk memengaruhi SERP secara negatif.

Orang-orang berpikir bahwa semakin banyak halaman yang Anda miliki yang berbicara tentang produk atau layanan Anda menggunakan kata kunci yang serupa, semakin Anda akan meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci tersebut. Mereka percaya semakin banyak halaman menargetkan kata kunci yang sama, itu akan memaksa Google untuk memilih kata kunci tersebut dan meningkatkan peringkat Anda.

Nah, itu tidak terjadi.

Ketika datang ke kanibalisasi kata kunci, Google melihat maksud di balik penggunaan kata kunci daripada penggunaannya itu sendiri.

Misalnya, ketika Anda mengetik 'Apple 7 Series Watch' di Google, Anda mungkin menemukan dua halaman dari Apple yang mencoba mengoptimalkan kata kunci khusus ini. Tetapi mengapa Google tidak menghukum halaman tersebut?

Ini ada hubungannya dengan niat. Halaman pertama adalah halaman informasi dasar yang membahas tentang fitur jam tangan Apple 7 Series, sedangkan halaman kedua adalah transaksional. Mereka berada di tempat yang berbeda di saluran penjualan.

Ketika Anda memiliki lebih banyak halaman yang muncul di atas SERP, Anda meningkatkan visibilitas halaman, prospek, dan konversi. Anda harus mempertimbangkan poin-poin ini saat menargetkan kata kunci yang serupa,
  • Tawarkan konten unik dan nilai berbeda kepada pembaca
  • Tawarkan konten berkualitas tinggi
  • Berikan bobot yang serupa
Mengapa Kanibalisasi Kata Kunci buruk untuk SEO?

Dengan kanibalisasi kata kunci, satu halaman situs web Anda bisa mencuri guntur halaman lainnya. Mari kita lihat dampak negatif kanibalisasi kata kunci pada SEO,

Saat Anda mengoptimalkan dua atau lebih halaman di situs web Anda untuk kata kunci tertentu, Anda memberi Google sinyal yang membingungkan. Itu tidak tahu konten mana yang harus diberi peringkat lebih tinggi untuk kueri tertentu itu.

Kanibalisasi kata kunci dapat mengurangi RKT Anda, kehilangan nilai halaman, dan melemahkan reputasi web.

Google bahkan mungkin memberi peringkat pada halaman yang salah – halaman yang tidak ingin Anda prioritaskan.

Menciptakan pengalaman pengguna yang buruk yang dapat memengaruhi waktu tunggu dan rasio pentalan.

Lalu lintas situs web Anda juga dapat terpengaruh, sehingga menghasilkan lebih sedikit konversi.

Tapi mengapa ini penting?

Anda tidak memprioritaskan halaman yang ingin Anda nilai. Pada dasarnya, menipiskan RKT dan membaginya di antara beberapa halaman rata-rata.

Teks jangkar Anda tanpa jangkar yang tepat. Alih-alih mengarahkan pengunjung Anda ke halaman otoritatif tertentu, teks jangkar dan tautan balik Anda menuju ke beberapa halaman berbeda.

Vendor atau toko eCommerce terkemuka mungkin mengalami penurunan yang signifikan dalam anggaran perayapan mereka.

Terakhir, ini juga dapat memengaruhi prospek dan konversi Anda.

Dampak Kanibalisasi Kata Kunci

Salah satu aspek yang paling sulit dari kanibalisasi kata kunci adalah banyak yang tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang salah. Beberapa halaman Web mungkin peringkat keempat atau kelima dan jadi jangan membunyikan alarm. Namun, situs web akan lebih baik jika Anda memiliki satu halaman otoritatif.

Kanibalisasi kata kunci dapat memiliki banyak efek buruk pada halaman Web Anda. Ini adalah:
  • Tautan balik yang diencerkan
Ketika Anda memiliki dua atau lebih halaman yang bersaing untuk kata kunci yang sama, maka tautan internal atau tautan eksternal Anda mungkin mengarahkan pengunjung ke halaman lain dengan informasi yang sama atau serupa. Alih-alih membuat halaman yang tertaut ke satu halaman resmi dengan informasi hebat, informasi tersebut dibagi menjadi beberapa halaman, sehingga menurunkan nilai halaman Web Anda.
  • Google mungkin mendevaluasi halaman yang relevan
Google mencoba memilih halaman yang 'tepat' untuk informasi yang relevan dalam hasil pencariannya. Beberapa halaman dengan kata kunci yang sama membingungkan algoritme dengan hasil bahwa halaman yang kurang relevan dapat diberi peringkat lebih tinggi sementara mendevaluasi yang lain.
  • Peringkat Rendah
Salah satu efek terbesar dari kanibalisasi kata kunci adalah efeknya pada peringkat halaman. Beberapa halaman Web dengan kata kunci yang sama yang dioptimalkan untuk SEO akan menghasilkan peringkat halaman ini lebih rendah dalam hasil mesin pencari.
  • Tingkat konversi rendah
Tujuan Anda dengan SEO harus selalu mengoptimalkan satu halaman yang merupakan sumber informasi terbaik sambil memberikan tautan ke halaman lain. Karena ini tersebar di halaman yang berbeda, Anda dapat mengalami tingkat konversi yang lebih rendah karena pengunjung akan mendarat di halaman yang kurang relevan.
  • Mengurangi Otoritas Halaman Anda
Kata kunci memberi tahu Google tentang isi halaman tersebut. Jika lebih banyak halaman memiliki konten yang sama, Google tidak akan melihat nilai konten yang disediakan di halaman tersebut.

Apa yang dilakukan kanibalisasi kata kunci adalah berhasil mengurangi otoritas halaman Anda. Bila Anda memiliki dua atau lebih halaman yang menargetkan kata kunci yang tepat, rasio klik-tayang halaman akan didistribusikan ke berbagai halaman alih-alih menuju ke satu halaman otoritatif. Ini berarti Anda membuat satu halaman di situs web Anda bersaing dengan yang lain untuk SERP.
  • Menyebarkan Anggaran Perayapan Anda
Ini adalah berapa kali Google mengindeks dan merayapi situs web Anda dalam waktu tertentu. Jadi, ketika Anda memiliki lebih banyak halaman yang dioptimalkan untuk kata kunci yang sama, Anda akhirnya memiliki lebih banyak halaman daripada yang diperlukan. Jadi, jika lebih banyak halaman perlu dirayapi, Anda akhirnya melebihi anggaran perayapan, meninggalkan Anda dengan masalah pengindeksan. Tanpa pengindeksan, Anda tidak dapat mengharapkan Google untuk menentukan peringkat halaman Anda.

Anda tidak perlu membuang anggaran perayapan jika Anda menangani masalah ini,
  • Singkirkan pengalihan yang berlebihan
Miliki anggaran perayapan yang cukup untuk memenuhi halaman yang baru ditambahkan

Saat mengerjakan situs besar, pastikan Anda memiliki anggaran buffer crawl yang cukup untuk mengakomodasi semua halaman.

Bagaimana cara memeriksa kanibalisasi kata kunci?

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda tidak berakhir dengan kanibalisasi kata kunci. Langkah pertama adalah membuat kisi kata kunci dengan URL terpenting dan kata kunci yang sesuai. Pastikan kata kunci tidak tumpang tindih di beberapa halaman.

Anda juga dapat menggunakan alat pemetaan kata kunci yang tersedia secara gratis. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan penelitian kata kunci, relevansi, perkiraan volume pencarian, dan menghindari kanibalisasi kata kunci. Lakukan cross-check meta data halaman Anda dan hapus kata kunci duplikat.

Bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi kanibalisasi kata kunci?

Setelah Anda mengidentifikasi bahwa situs web Anda mengalami kanibalisasi kata kunci, berikut adalah beberapa perbaikan dan restrukturisasi organisasi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kanibalisasi kata kunci.

Restrukturisasi situs web

Salah satu solusi termudah untuk kanibalisasi kata kunci adalah dengan membuat satu halaman otoritatif yang bagus dari mana Anda dapat menautkan ke halaman lain yang relevan. Misalnya, halaman super pada arsitektur dapat menyediakan tautan ke variasi jenis gaya arsitektur.

Buat halaman arahan baru

Perhatikan secara kritis situs web Anda dan tentukan apakah situs web Anda memiliki halaman arahan yang dapat menggabungkan semua halaman serupa dengan kata kunci terkait. Ini akan memungkinkan sekumpulan pengunjung yang lebih besar untuk menentukan halaman mana yang ingin mereka jelajahi lebih lanjut.

Konsolidasikan konten

Audit halaman Anda dan gabungkan halaman yang memiliki kata kunci dan konten serupa, terutama jika performanya buruk. Ini akan memberi halaman baru lebih banyak otoritas dan akan berperingkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Temukan kata kunci baru

Pastikan strategi kata kunci Anda tepat sasaran. Ada beberapa alat yang tersedia untuk menemukan berbagai kata kunci yang dapat dimasukkan ke dalam situs web Anda. Dalam kebanyakan kasus, yang Anda butuhkan hanyalah kata kunci baru. Namun, Anda harus memastikan bahwa halaman Anda sesuai dengan kata kunci tanpa terlihat dipaksakan.

Gunakan pengalihan 301

Gunakan opsi ini dengan hemat karena terlalu banyak pengalihan dapat mematikan pengunjung. Gabungkan halaman serupa dengan kueri kata kunci yang sama.

Gabungkan Artikel

Bila Anda memiliki dua atau lebih artikel yang menyebutkan kata kunci tertentu, menggabungkan keduanya menjadi satu artikel unik adalah ide yang bagus. Anda dapat memasukkan semua poin yang disediakan di kedua artikel dan menulis artikel yang panjang dan sarat nilai.

Anda dapat memecahkan masalah memiliki dua artikel bermasalah dan mengubahnya menjadi satu artikel hebat. Juga, pastikan untuk menjaga keterbacaan saat menyusun satu konten gabungan. Ini akan secara efektif memecahkan masalah kanibalisasi kata kunci.

Setelah Anda mengkonsolidasikan konten, Anda tidak boleh menghapus halaman yang tidak perlu dan mengerjakan ulang pengalihan dengan benar.

Tingkatkan Tautan Internal

Tautan internal sangat penting untuk keberhasilan situs web Anda. Saat Anda menghapus halaman yang tidak perlu, Anda harus membuat struktur tautan internal yang kuat. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menautkan halaman yang kurang penting ke halaman yang paling penting. Ini akan memberi Google ide yang jelas sebagai daftar prioritas Anda.

Poin lain saat mengerjakan tautan internal adalah mencocokkan teks jangkar yang tepat dengan konten yang benar. Ingat bahwa jumlah link yang mengarah ke halaman juga memiliki banyak kepentingan. Kategorikan dan beri tag halaman secara efektif, selain menambahkan konten unik.

Kanibalisasi kata kunci dan situs perdagangan

Jika Anda memiliki toko online, halaman produk dengan kata kunci serupa menjadi perhatian. Penting untuk menyusun situs Anda dengan cermat. Anda harus mempertimbangkan tautan internal dari setiap halaman produk ke halaman kategori Anda. Halaman kategori harus menjadi halaman yang Anda optimalkan untuk diberi peringkat. Deteksi, hapus, atau perbaiki halaman produk lama yang dapat mencopot halaman lain yang lebih penting.

Bagaimana Anda Dapat Menghindari Masalah Kanibalisasi di Masa Depan?

Meskipun merapikan situs web Anda dari masalah kanibalisasi kata kunci sangat penting, itu tidak pernah mudah. Ini adalah kegiatan yang sangat memakan waktu. Memang benar terutama dalam kasus situs web besar yang telah membangun banyak halaman yang menargetkan kata kunci yang tepat dari waktu ke waktu. Tentu saja, cara terbaik untuk menghindari kanibalisasi kata kunci adalah dengan mencegahnya terjadi lagi.

Anda dapat menghindari kanibalisasi kata kunci dengan membuat strategi pemasaran konten yang tepat yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan situs web khusus Anda.

Saat Anda menggabungkan konten, pastikan Anda mengingat maksud di balik setiap halaman. Pikirkan tentang nilai yang diberikannya kepada pembaca Anda. Coba alat penelitian kata kunci apa pun untuk memberi Anda kata kunci yang relevan, termasuk kata kunci berekor panjang. Menggunakan Google, kumpulkan daftar halaman web Anda yang memiliki konten yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dekati halaman ini dengan pola pikir analisis niat.

Periksa konten untuk maksud, tujuan, dan nilai dan cocokkan dengan konten yang ingin Anda buat. Jika Anda menemukan lebih dari satu halaman dengan maksud dan kata kunci yang sama, Anda dapat mencoba memperbarui konten atau menambahkan poin yang relevan daripada mengalami masalah kanibalisasi.

KESIMPULAN AKHIR

Kanibalisasi kata kunci semakin meluas. Pengembang konten bermaksud untuk mengoptimalkan situs mereka, tetapi tidak sepenuhnya memahami bahasa Google. Untungnya, solusi untuk masalah tersebut tidak sulit, dan kerusakannya tidak permanen. Alat yang tepat dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan situs web Anda. SEO dan mesin pencari akan terus berkembang seiring waktu dan Anda harus berada dalam posisi untuk memanfaatkan perubahan ini secara efektif. Memahami kanibalisasi kata kunci dan seluk-beluknya akan membantu Anda beradaptasi dengan cepat dan lebih efisien di masa mendatang.

Pada artikel sebelumnya admin blog juragandesa telah membahas tuntas tentang Belajar SEO BloggerBagaimana cara kalian belajar strategi SEO, Belajar SEO Pemula, Belajar SEO 2020, SEO Blogspot dan Cara meningkatkan SEO website