Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rahasia Ilahi, Rumah Ini Utuh di Tengah Bangunan Rusak Diterjang Erupsi Semeru

Rahasia Ilahi, Rumah Ini Utuh di Tengah Bangunan Rusak Diterjang Erupsi Semeru


Erupsi Gunung Semeru meluluhlantakkan banyak bangunan. Namun, ada sebuah rumah yang tetap berdiri kokoh di tengah bangunan lainnya yang runtuh. Rumah ajaib ini milik warga Dusun Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Hingga kini, rumah tersebut utuh meskipun Awan Panas Guguran atau APG menerjang dusunnya pada Sabtu (4/12) sore.

Rumah milik Pak Roh ini menyimpan sejumlah rahasia ilahi. Karena, awan panas tak singgah sedikitpun ke dalam rumah tersebut.

Detikcom mencoba menilik kondisi rumah melalui kaca. Rumah milik warga asal Madura ini tetap utuh meski dihajar awan panas guguran Gunung Semeru. Terlihat perabotan rumah juga masih utuh dan ada sejumlah foto di dinding rumah.

Tak hanya itu, ada pula sepasang burung Love Bird yang masih hidup. Keduanya berjongkok di dalam kandang.

Lalu ada sebuah kolam dengan ikan di sisi kanan rumah, yang juga tidak rusak. Bahkan, tidak terlihat abu yang masuk ke dalam kolam.

Keajaiban rumah ini masih menjadi misteri masyarakat. Rumah tersebut juga berada di tengah pemukiman warga di Dusunrenten, di mana semuanya hancur dan beberapa penghuninya tewas.

Detikcom belum menemukan penghuni rumah yang hingga saat ini belum diketahui lokasinya. Ahmadhi, salah satu relawan di Tagana Jawa Timur, mengaku mengaku warga, relawan, dan pejabat kaget melihat rumah tersebut.

"Hampir semua warga, relawan, dan rekan pelaksana yang mencari korban erupsi Gunung Semeru yang belum ditemukan, rumah aneh tanpa luka yang menanggung beban APG Gunung Semeru selalu menjadi masalah," kata Adi. di lokasi itu, Rabu (8 Desember) / 2021).

Sementara itu, warga Desa Sambar Ur Romli mengatakan Park Lo adalah pendatang dari Madura. Dia bekerja sebagai penambang pasir setiap hari.


Romli menyatakan bahwa rumah Pak Roh dalam keadaan utuh dan tidak ada yang rusak di rumahnya. Dia menyebut ini keajaiban dan hanya Allah yang mengetahuinya.

"Setelah awan panas turun dari Gunung Semeru dan lima pemukiman di dua kabupaten hancur, salah satunya adalah suku Dusunrenten. Ada rumah aneh tapi nyata. Masuk keluarga Semeru," kata Romuri.

“Rumah aneh ini telah menarik perhatian penghuninya, dan banyak selfie dan rekaman video dengan kamera ponsel dengan latar belakang rumah hantu sulit untuk dikatakan. Ini adalah kekuatan suci rahasia.” tambah Romli. 

Ditambahkan, Saat meletusnya Gunung Semeru, banyak penambang yang beraksi di Sungai Besksat, aliran lahar di Gunung Semeru, dan diyakini masih banyak korban jiwa yang tidak terdeteksi hingga saat ini.

Baca artikel detiknews, "Rahasia Ilahi, Rumah Ini Utuh di Tengah Bangunan Rusak Diterjang Erupsi Semeru"