Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Risma: BPNT Boleh Uang Tunai, Jangan Paksa Warga Miskin Terima Paket Sembako

Risma: BPNT Boleh Uang Tunai, Jangan Paksa Warga Miskin Terima Paket Sembako


Menteri Sosial Tri Rismaharini mengakui sampai dikala ini timnya banyak menerima aduan dari warga miskin penerima Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT) yang menerima sembako dengan mutu kurang baik.

Risma berkata, warga miskin yang terdaftar dalam program tersebut boleh mengambil dorongan dalam wujud tunai sebesar Rp 200 ribu per bulan.

" Di Perpres no 63 tahun 2017 penerima bantuan tidak wajib menerima dalam wujud benda. Jika ingin ngambil uangnya dari ATM ataupun dari bank boleh.

Jadi di Perpres itu indikasinya dapat duit tunai," kata Risma dikala ditemui di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial( BBPPKS), Jalur Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin( 13/ 12/ 2021).

Tidak hanya itu, Risma menekankan kepada para agen, penyalur serta distributor yang ikut serta dalam program BPNT supaya tidak memforsir warga miskin penerima bantuan buat mengambil paket- paket sembako semacam beras, sayur, telur serta lain- lain semacam yang terjalin dikala ini.

" Masyarakat jangan khawatir, ambil saja tunai, beli sendiri di warung. Warung( agen) tidak boleh memforsir serta tidak boleh memaketkan( membuat paket sembako)," tuturnya. Risma meningkatkan, Departemen Sosial dalam waktu dekat hendak mendesak supaya program BPNT diberikan secara tunai serta tidak lagi dibagikan dalam wujud paket benda kepada warga miskin penerima.

Perihal tersebut bagi Risma buat membenarkan supaya komoditi yang disantap kualitasnya dapat jauh lebih baik." Di sebagian wilayah kita telah jalani ini( dibagikan tunai)," ucapnya.

Walaupun demikian, Risma berkata butuh terdapat ketentuan spesial yang dapat memastikan duit yang diterima oleh warga miskin yang terdaftar selaku penerima manfaat dalam program BPNT dapat dibelanjakan cocok kebutuhan.

" Saat ini kita lagi membuat pengendalian biar tidak belanjanya rokok, minuman keras. Ini kita siapkan perlengkapan pengendalinya sehingga belanja cocok kebutuhan," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risma: BPNT Boleh Uang Tunai, Jangan Paksa Warga Miskin Terima Paket Sembako",