Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bahan Dapur Pengusir Lalat di Rumah

7 Bahan Dapur Pengusir Lalat di Rumah

                                     7 Bahan Dapur Pengusir Lalat di Rumah

Keberadaan lalat di rumah kerap dianggap mengganggu. Suaranya saat terbang dan sensasi pada tubuh saat ia hinggap di tubuh membuat banyak orang tidak menyukai hewan ini.

Tidak hanya itu, dilansir dari Times of India melalui KOMPAS. com, lalat memang tidak beresiko sebab tidak menggigit. Akan tetapi, hewan ini membawa jutaan bakteri yang bisa menimbulkan bermacam penyakit. Sebagian penyakit yang bisa diakibatkan oleh bakteri yang dibawa lalat antara lain tifus, kolera, disentri, serta diare.

Bakteri yang dibawanya dari tempat lembap, kotoran, sampah, serta tempat tidak bersih yang lain bisa berpindah saat lalat hinggap di tubuh ataupun makanan. Sebagaimana diberitakan KOMPAS. com pada Sabtu( 10/ 7/ 2021), berikut ini 7 bahan alami pembasmi lalat di rumah.

1. Kemangi

Selain bisa menambah citarasa masakan, nyatanya kemangi pula bisa jadi bahan yang jitu buat mengusir lalat. Tanam kemangi di pot, kemudian letakkan di area rumah yang banyak dihinggapi lalat.

2. Jahe

Selain jitu membasmi nyamuk, jahe pula efektif mengusir lalat dari rumah. Caranya, gabungkan satu sendok teh bubuk jahe kering dengan satu gelas air, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan jahe ke dalam botol semprot, setelah itu semprotkan ke area rumah supaya lalat segera pergi.

3. Kulit jeruk

Gantung kulit jeruk yang sudah diikat dengan kain muslin di area rumah yang didatangi banyak lalat. Dalam sekejap, lalat juga akan pergi dan rumah kembali nyaman.

4. Garam dan merica

Masukkan garam serta merica ke dalam 2 gelas air yang sudah direbus. Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata. Setelah didinginkan, masukkan larutan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke area rumah supaya lalat pergi. Pakai pelindung mata agar senantiasa nyaman saat melakukannya.

5. Cuka

Cuka termasuk bahan yang bisa membasmi lalat di rumah secara efektif. Bahan ini juga gampang ditemui dan bisa dibeli dengan harga yang murah. Gabungkan 2 cangkir cuka putih, satu sendok makan minyak kayu putih, serta secangkir air dingin. Setelah itu, masukkan larutan ke dalam wadah semprot kemudian semprotkan ke area rumah yang sering dikerubung lalat.

6. Minyak serai

Selain garam serta kunyit, bahan alami pembasmi lalat selanjutnya merupakan minyak serai. Bahan ini mudah ditemukan, naik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Masukkan beberapa tetes minyak serai ke dalam segelas air, kemudian aduk sampai tercampur. Semprotkan di area rumah yang dipadati lalat.

7. Garam dan kunyit

Bahan alami pembasmi lalat di rumah yang berikutnya merupakan garam dan kunyit. Taburkan garam dan kunyit di tempat yang sering didatangi lalat, seperti teras atau dapur. Jika tidak ingin kedua bahan ini berserakan di rumah, masukkan garam dan kunyit di wadah kemudian letakkan di zona rumah yang sering didatangi lalat.

Artikel ini telah tayang di https://www.kompas.com/ dengan judul “7 Bahan Dapur Pengusir Lalat di Rumah