Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bansos PKH Cair Januari 2022, Berikut Cara Daftar dan Link Download Aplikasi Cek Bansos

Bansos PKH Cair Januari 2022, Berikut Cara Daftar dan Link Download Aplikasi Cek Bansos

                                 Bansos PKH Cair Januari 2022, Berikut Cara Daftar dan Link Download Aplikasi Cek Bansos

Berikut cara registrasi serta link Aplikasi Cek Bansos buat memperoleh bantuan sosial( bansos) Program Keluarga Harapan( PKH) secara online dari Kementerian Sosial( Kemensos) RI.

Warga yang mau memperoleh bansos PKH dari Kemensos RI dapat mendaftarkan diri secara online selaku Keluarga Penerima Manfaat( KPM) lewat Aplikasi Cek Bansos.

Aplikasi Cek Bansos disediakan Kemensos RI buat memudahkan proses registrasi, sehingga warga cuma butuh mendaftar secara online.

Mengutip halaman Satgas Pengendalian Covid- 19, bansos PKH sendiri diperuntukan buat warga yang tercantum Keluarga Miskin( KM).

Tujuan utama PKH merupakan berikan manfaat kepada keluarga miskin, paling utama bunda berbadan dua serta kanak- kanak, supaya dapat memperoleh sarana kesehatan( faskes) serta sarana pembelajaran( fasdik).

Untuk tahun 2022, Kemensos lewat program PKH membagikan anggaran beberapa Rp28, 7 triliun. Penyalurannya, hendak diadakan masing- masing 3 bulan satu kali.

Sehingga dalam 12 bulan sepanjang setahun, pembagiannya hendak dicoba lewat 4 sesi, yakni pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Pada tahun 2021, setidaknya PKH memiliki patokan bantuan per tahun dengan nominal sebesar:
  • Rp3. 000. 000 untuk bunda hamil/ nifas
  • Rp3. 000. 000 untuk anak umur dini, ialah 0- 6 tahun
  • Rp900. 000 untuk pendidikan anak SD/ Sederajat
  • Rp1. 500. 000 untuk pendidikan anak SMP/ Sederajat
  • Rp2. 000. 000 untuk pendidikan anak SMA/ Sederajat
  • Rp2. 400. 000 untuk penyandang disabilitas berat
  • Rp2. 400. 000 untuk orang yang sudah lanjut usia( lanjut usia)
Adapun cara daftar PKH online 2022 adalah sebagai berikut:

Warga yang penuhi ketentuan buat menerima PKH dapat mendaftarkan diri melalui Aplikasi Cek Bansos yang terbuat Kemensos RI.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengenali apakah dirinya tercantum penerima bansos PKH atau bukan.

Dalam Aplikasi Cek Bansos, terdapat pula fitur tambahan yang dirasa dapat menolong masyarakat, ialah usul serta sanggahan.

Pada fitur usul, seorang bisa menganjurkan orang lain yang terdapat di sekitarnya supaya bisa memperoleh bantuan.

Sebaliknya fitur sanggahan, bisa dimanfaatkan buat membagikan kebijakan terhadap orang yang dirasa tidak layak memperoleh bantuan tetapi nyatanya mendapatkannya.

Tidak hanya itu, fitur usul juga jadi pengantar seorang untuk mendaftarkan diri ataupun orang lain supaya dapat mendapatkan PKH.

Lewat Aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh memakai HP, metode mendaftar diawali dari penyiapan sebagian dokumen, ialah:
  • No Kartu Keluarga( KK)
  • No Induk Kependudukan( NIK)
  • Kartu Tanda Penduduk( KTP)
Bila telah berakhir mengisi formulir yang informasinya tertera di ketiga dokumen di atas, hingga hendak timbul keberhasilan.

Indikator keberhasilan tersebut dijabarkan dari terdapatnya penjelasan informasi sukses diusulkan( tertera nama, NIK, status kesesuaian Dukcapil, serta kesesuaian daerah pengusul).

Link Unduh Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos yang terbuat serta diterbitkan Kemensos RI dapat diunduh lewat aplikasi Play Store.

Berikut link untuk mengunduh Aplikasi Cek Bansos di HP Anda:

https:// play. google. com/ store/ apps/ details? id=id. go. kemensos. pelaporan

Aplikasi Cek Bansos menyajikan 4 bagian menu, diawali dari profil, cek bansos, asumsi kelayakan, serta catatan usulan.

Pada menu profil, warga bisa memandang bagaimana status seorang, bisa jadi ialah penerima PKH ataupun bantuan yang yang lain( BPNT misalnya).

Setelah itu, menu“ Cek Bansos” merupakan fitur untuk menciptakan penerima bansos PKH, misalnya siapa nama penerimanya serta tinggal di mana orang tersebut.

Ketiga, terdapat menu“ Tanggapan kelayakan” yang menyajikan informasi penerima serta bisa melaksanakan sanggahan bila terdapat yang dirasa tidak layak( dengan menyertakan alasan serta pernyataan).

Terakhir, menu“ Daftar Usulan” yang ialah fitur usul menyajikan informasi orang- orang yang telah didaftarkan oleh seseorang pemilik akun.***

Artikel ini telah tayang di aksarajabar.pikiran-rakyat.com dengan judul ”Bansos PKH Cair Januari 2022, Berikut Cara Daftar dan Link Download Aplikasi Cek Bansos