Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bansos PKH Rp 10 Juta Cair ke Pemilik KTP Ini pada Januari 2022, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos PKH Rp 10 Juta Cair ke Pemilik KTP Ini pada Januari 2022, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos PKH Rp 10 juta per KK per tahun cair kepada pemilik KTP yang namanya tertera di link di bawah ini pada Januari 2022. Simak cara cek online daftar penerima bantuan Kemensos Tahap 1 ini di link cekbansos. kemensos. go. id.

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau Bansos PKH merupakan salah satu stimulus dari pemerintahan Joko Widodo( Jokowi) yang masih cair pada tahun 2022 ini.

Bansos PKH Tahap 1 hingga Rp 10 juta ini rencananya akan diberikan pada Januari hingga Maret 2022 bagi warga miskin yang namanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial milik Kementerian Sosial atau DTKS Kemensos.

DTKS Kemensos ini merupakan sebuah situs online yang berisi daftar nama penerima beberapa bansos, seperti PKH, BST, PBI, hingga Kartu Sembako atau BPNT.

Semula DTKS Kemensos bisa diakses melalui link dtks. kemensos. go. id, namun saat ini dialihkan ke situs baru, cekbansos. kemensos. go. id.

Pemilik KTP yang bisa dapat Bansos PKH hingga Rp 10 juta per tahun per KK ini adalah mereka yang namanya terdaftar sebagai penerima di link cekbansos. kemensos. go. id.


Untuk mengecek daftar penerima Bansos PKH Rp 10 juta yang cair Januari 2022 ini, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka cekbansos. kemensos. go. id

2. Pada menu WILAYAH PM( PENERIMA MANFAAT), pilih nama provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, serta desa sesuai KTP

3. Pada menu NAM PM( PENERIMA MANFAAT), masukkan nama sesuai KTP

4. Ketik 8 huruf kode yang tertera di kolom CAPTCHA

5. Klik tombol CARI DATA lalu akan muncul informasi apakah dapat Bansos PKH Tahap 1 atau tidak

Perlu dicatat bahwa tidak semua penerima Bansos PKH akan mendapatkan Rp 10 juta per tahun. Dana Rp 10 juta ini hanya berlaku jika dalam satu keluarga setidaknya ada empat kategori penerima.

Satu kepala keluarga atau KK maksimal hanya empat kategori penerima Bansos PKH 2022 ini. Adapun kategori dan besaran dana yang didapatkan oleh penerima dorongan dari Kemensos ini adalah sebagai berikut:

1. Ibu hamil: Rp 750 ribu per tahap

2. Balita: Rp 750 ribu per tahap

3. Disabilitas: Rp 600 ribu per tahap

4. Lansia: Rp 600 ribu per tahap

5. Anak sekolah SD: Rp 225 ribu per tahap

6. Anak sekolah SMP: Rp 375 per tahap

7. Anak sekolah SMA: Rp 500 ribu per tahap

Perlu diketahui juga bahwa Bansos PKH 2022 ini dicairkan dalam empat tahap, yakni setiap tri wulan.

Sebagai contoh, Bansos PKH Tahap 1 cair pada Januari- Maret 2022, dan seterusnya hingga Tahap 4 hingga Desember 2022.

Jika ditotal, masing- masing penerima Bansos PKH akan dapat bantuan Rp 3 juta per tahun untuk ibu hamil dan balita, Rp 2, 4 juta per tahun untuk lansia dan penyandang disabilitas berat.

Sedangkan untuk komponen pendidikan, anak sekolah usai SD akan dapat Rp 900 ribu per tahun, SMP Rp 1, 5 juta per tahun, dan SMA Rp 2 juta per tahun.

Jika tidak terdaftar di cekbansos. kemensos. go. id, warga miskin bisa mendaftarkan dirinya maupun orang lain untuk dapat Bansos PKH hingga Rp 10 juta ini melalui Aplikasi Cek Bansos.

Aplikasi Cek Bansos secara resmi dikeluarkan oleh Kemensos dan bisa di- download di Google PlayStore.

Itulah para pemilik KTP yang bisa dapat Bansos PKH hingga Rp 10 juta dan cara cek daftar penerima bantuan dari Kemensos Tahap 1 yang cair Januari 2022 di link cekbansos. kemensos. go. id.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Bansos PKH Rp 10 Juta Cair ke Pemilik KTP Ini pada Januari 2022, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id