Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud, Bisa Dapat Beasiswa Jutaan Rupiah

Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud, Bisa Dapat Beasiswa Jutaan Rupiah

Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud, Bisa Dapat Beasiswa Jutaan Rupiah

Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah( KIP Kuliah) Kemendikbud diperuntukan untuk membantu calon mahasiswa berpotensi, tetapi berasal dari keluarga kurang mampu supaya dapat meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi.

Kementerian Pembelajaran, Kebudayaan, Studi, serta Teknologi memastikan program tersebut masih akan berlanjut di tahun 2022.

" Pemerintah tetap akan melanjutkan program ini( KIP Kuliah) di tahun 2022," ucap Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Abdul Kahar dalam Silaturahmi Merdeka Belajar secara virtual, Kamis( 30/ 12/ 2021).

Walaupun registrasi KIP- Kuliah 2022 masih belum dibuka, tidak ada salahnya untuk calon mahasiswa yang membutuhkannya buat mempersiapkan berkas sedari saat ini. Sebagian dokumen yang diperlukan di antara lain NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif.

Guna mengenali lebih jelas, ikuti cara daftar KIP Kuliah Kemdikbud secara lengkap!

Cara Daftar KIP Kuliah Kemdikbud
  • Kunjungi web Sistem KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Siswa bisa melaksanakan pendaftaran secara mandiri.
  • Isi NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif digunakan.
  • Sistem KIP Kuliah akan memvalidasi NIK, NISN, NPSN, dan kelayakan untuk mendapat KIP Kuliah. Data NIK dipergunakan untuk melihat informasi status sosial ekonomi di Informasi Terpadu Kesenjangan Sosial( DTKS) Kementerian Sosial. Karena itu penting dicatat, siswa yang tidak ataupun belum terdaftar di DTKS wajib mengisi informasi ekonomi serta aset di sana.
  • Apabila proses validasi sukses, Sistem KIP Kuliah akan memberi nomor registrasi serta kode akses ke alamat email yang digunakan saat proses pendaftaran.
  • Calon mahasiswa bersangkutan berikutnya bisa merampungkan proses pendaftaran KIP Kuliah serta memilih jalur seleksi yang diikuti, baik itu SNMPTN/ SBMPTN/ SMPN/ UMPN ataupun jalur mandiri.
  • Pendaftar bisa menuntaskan proses registrasi di sistem data nasional masuk perguruan tinggi sebagaimana jalur yang diseleksi. Sistem sinkronisasi dengan sistem ini juga akan dicoba secara host to host.
  • Apabila calon mahasiswa telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi tujuan, hingga institusi yang bersangkutan akan melaksanakan verifikasi lebih lanjut sebelum nantinya diusulkan selaku calon penerima KIP Kuliah.
Syarat Penerima KIP Kuliah Kemdikbud

Kemendikbudristek masih belum menghasilkan ketentuan registrasi KIP Kuliah tahun ini. Akan tetapi, bersumber pada syarat pada tahun lalu, hingga ketentuannya seperti ini:
  • Siswa SMA ataupun sederajat yang lulus ataupun akan lulus di tahun berjalan, ataupun telah dinyatakan lulus optimal dua tahun sebelumnya. Pendaftar juga wajib mempunyai NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  • Siswa bersangkutan memiliki kemampuan akademik yang baik, namun berasal dari keluarga kurang mampu. Ketentuan ini juga harus didukung fakta dokumen yang sah.
  • Siswa SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ MA/ sederajat yang lulus pada tahun berjalan, memiliki kemampuan akademik yang bagus, dan pemegang kartu KIP.
  • Siswa SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ MA/ sederajat yang lulus pada tahun berlajan, memiliki kemampuan akademik bagus, serta memegang Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Lulus pilih penerimaan mahasiswa baru, diterima di perguruan tinggi negeri ataupun swasta di program studi( prodi) terakdreditasi A ataupun B, ataupun dengan pertimbangan tertentu dimungkinkan di prodi terakreditasi 
Jumlah Bantuan KIP Kuliah Kemdikbud

Bagi kebijakan tahun 2021, penerima KIP Kuliah mendapat bantuan bayaran hidup Rp 700 ribu per bulan yang dibayarkan per semester. Pembiayaan KIP Kuliah ini disesuaikan dengan masa studi wajar tiap jenjang.
  • Penerima jenjang S1 mendapat biaya hidup selama studi maksimalnya Rp 33, 6 juta sepanjang 8 semester.
  • Penerima jenjang D3 mendapatkan total maksimal Rp 25, 2 juta sepanjang studinya serta maksimal buat 6 semester.
  • Penerima jenjang D2 mendapat total maksimal Rp 16, 8 juta selama riset serta maksimal buat 4 semester.
  • Penerima jenjang D1 mendapatkan total optimal Rp 8, 4 juta sepanjang riset serta maksimal buat 2 semester.
Demikian cara daftar KIP Kuliah Kemdikbud. Untuk calon mahasiswa yang bermaksud pendaftaran, pantau terus halaman bersangkutan supaya tidak ketinggalan!

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul “Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud, Bisa Dapat Beasiswa Jutaan Rupiah