Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengusir Semut Dengan Doa

Cara Mengusir Semut Dengan DoaSemut sering dikenal dengan serangga sosial dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Hal inilah yang menyebabkan semut hidup bergerombol dan kadang dapat mengganggu manusia.

Semut hidup dan mencari makan di sekitar kita, misalnya di dalam rumah. Karena keberadaannya kadang membuat kita merasa tergangga, terpaksa kita harus mengusirnya.

Dalam Islam Mengusir semut hendaknya dilakukan tanpa membunuhnya atau menghancurkan sarangnya. Sebab, seorang Muslim sangat dilarang untuk membunuh semut.
Cara Mengusir Semut Dengan Doa


Salah satu cara untuk mengusir semut tanpa menyakitinya adalah dengan memanjatkan berdoa. Dengan memanjatkan doa mengusir semut, insyaAllah hewan bertubuh kecil itu akan hilang dengan sendirinya. Lantas, bagaimanakah doa mengusir semut? Simak penjelasan berikut.

Cara Mengusir Semut Dengan Doa

Semut merupakan salah satu rakyat Nabi Sulaiman yang dimuliakan Allah. Hewan ini bahkan diabadikan oleh Allah dalam Al-Quran menjadi nama surah, yakni An-Naml. Jika ingin mengusir semut, maka dapat membaca doa sebagai berikut:

"Assalamualaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat."

Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam memerintahkan kita untuk membaca doa mengusir semut, karena hewan ini pun sering berdoa dan bertasbih kepada Allah. Dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 44 disebutkan bahwa, "Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka."

Mengutip buku Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya yang ditulis oleh Aulia Fadli, contoh doa semut adalah ketika mereka berdoa di musim kemarau agar Allah menurunkan hujan sehingga mereka bisa mendapat makanan.

Nabi Sulaiman mendengar doa tersebut yang berbunyi, "Ya Allah pemiliki segala kekayaan, aku berhajat sepenuhnya kepada-Mu, aku berhajat akan air-Mu, tanpa air-Mu ya Allah, aku akan kehausan dan kami semua kekeringan. Ya Allah, aku berhajat sepenuhnya kepada-Mu akan air-Mu, kabulkanlah permohonanku."

Setelah mendengar doa tersebut, Nabi Sulaiman berkata kepada rakyatnya bahwa musim kemarau akan segera berkahir. Itu karena Allah telah mengabulkan doa seekor semut.

Demikianlah artikel singkat tentang Cara Mengusir Semut Dengan Doa. Semoga bermanfaat. Salam Juragandesa.net