Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Lengkap Contoh Program Layanan BK SMP Bidang Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir

Layanan BK di SMP

Contoh Program Layanan BK SMP Bidang Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir. pada artikel kali ini sedikit membahas terkait Layanan Beimbingan dan Konseling (BK) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). dalam pelaksanaanya Satuan Pendidik Harus memiliki Program Layanan BK serta dalam pelaksanaanya disertai dengan Laporan Layanan BK. pada akhir artikel telah disediakan contoh-contoh Program dan Laporan BK di SMP

Bimbingan dan Konseling (BK) di SMP

Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP ini bertujuan untuk menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan. Layanan pendidikan psikoedukasi diberikan kepada peserta didik/konseli agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya. Tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek

  1. pribadi, 
  2. sosial, 
  3. belajar, 
  4. karir 

Mekanisme dan Koordinasi Layanan BK di SMP

Mekanisme penanganan masalah untuk Layanan Bimbingan dan Konseling disesuaikan berdasarkan pemberian layanan. Layanan dapat bersifat pencegahan dan pengembangan (preventif-development) yang meliputi pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan peserta didik. Selain itu, pemberian bantuan dalam membuat dan mengimplementasikan rencana pribadi, sosial, belajar, dan karir. Ada juga yang memerlukan bantuan segera dan adanya dukungan dari semua pihak

Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat memberikan alternatif kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, khususnya di Sekolah Penggerak. Sehingga layanan Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik dan optimal. Peserta didik dapat mencapai tugas perkembangan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka menyongsong abad 21 dalam konteks Indonesia.

Sistematika Program BK 

Dalam upaya mencapai tujuan program bimbingan dan konseling diperlukan tahapan kegiatan yang sistematik dan komprehensif agar program bimbingan dan konseling dapat terselenggara dengan baik.
Diawali dengan perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. 
Proses merencanakan kegiatan layanan untuk periode tertentu harus memperhatikan dua hal, yaitu: 1) dokumen-dokumen perencanaan yang harus dihasilkan; dan 2) kegiatan kegiatan yang harus dilakukan agar dokumen perencanaan dapat dihasilkan. Dokumen perencanaan program bimbingan dan konseling sebaiknya terdiri dari: 1) Rasional; 2) Visi dan Misi; 3) Deskripsi Kebutuhan; 4) Tujuan; 5) Komponen Program; 6) Bidang layanan; 7) Rencana Operasional (Action Plan); 8) Pengembangan Tema/Topik; 9) Rencana Evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut; dan 10) Anggaran biaya.
Program BK SMP

dalam menyusun Program BK sesuai Buku Model Layanan BK di SMP yang dapat diunduh dari aplikasi Merdeka Mengajar terkait Kurikulum Merdeka, menjelaskan sistematika /struktur Program Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP minimal terdiri dari :

  1. rasional 
  2. dasar
  3. hukum
  4. visi dan misi
  5. deskripsi kebutuhan
  6. tujuan
  7. komponen program
  8. bidang layanan
  9. rencana operasional
  10. pengembangan tema/topik
  11. rencana evaluasi,
  12. pelaporan dan tindak lanjut
  13. sarana prasarana,
  14. anggaran biaya.

Evaluasi, Pelaporan dan Tindak lanjut Layanan BK di SMP

Evaluasi

Secara umum kegiatan evaluasi ditujukan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan kegiatan dan ketercapaian tujuan program yang telah ditetapkan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menelaah program Bimbingan dan Konseling yang telah dan sedang dilaksanakan yang hasilnya dapat menjadi dasar bagi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor untuk mengembangkan dan memperbaiki program selanjutnya. Selain itu hasil evaluasi dapat digunakan untuk kepentingan penyediaan umpan balik bagi pelaksana program Bimbingan dan Konseling dalam rangka perbaikan atau peningkatan implementasi program selanjutnya. 

Pelaporan

Pelaporan merupakan langkah lanjutan setelah evaluasi. Isi dalam lebih bersifat mendeskripsikan dan memberi uraian analisis terhadap hasil yang telah dicapai dalam kegiatan evaluasi sebelumnya. 

Tindak Lanjut

Tindak lanjut dalam pelaksanaan layanan dapat dimunculkan sebagai bentuk respon cepat terhadap refleksi yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling/konselor atau konselor atas permasalahan-permasalahan yang teridentifikasi selama proses pemberian layanan. 

Contoh Program Layanan BK di SMP

disini kami berikan contoh Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama yang dapat diunduh dalam bentuk format file doc/ms.word. agar dapat digunakan sebagai perbandingan / refrensi untuk menyusun Program BK di SMP. Kelik pada link dibawah ini

Unduh Contoh Program BK SMP Disini

Buku Panduan Layanan BK di SMP

Berikut kami berikan bahan refrensi yang lebih lengkap yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP. Buku Panduan Layanan BK di SMP , Buku panduan layanan BK di SMP ini dapat di lihat pada Materi Kurikulum Merdeka. dalam Artikel ini juga telah kami sediakan sebagai bahan refrensi yang lebih lengkap

Unduh Buku Panduan Layanan BK SMP Disini

Demikian Contoh Program Layanan BK SMP Bidang Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir dapat sedikit ulas dan bagikan pada artikel ini terkait layanan Bimbingan dan Konseling di SMP serta contoh Prgram Layanan BK dan contoh form Laporan Layanan BK di SMP, semoga apa yang kami ulias dan bagikan dapat memberikan manfaat.

Penelusuran terkait
  • download program bk smp
  • contoh layanan bk bidang pribadi
  • laporan layanan bk bidang pengembangan pribadi
  • contoh program bk di smp pdf
  • contoh program harian bk smp kurikulum 2013
  • contoh program bk smp
  • contoh program layanan bk bidang pengembangan pribadi
  • dokumen program layanan bk bidang pengembangan pribadi smp