Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Efektif dan Sudah Terbukti

Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Efektif dan Sudah Terbukti. Pada artikel berikut ini admin blog juragandesa.net akan membahas tuntas tentang Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Efektif dan Sudah Terbukti.
https://www.juragandesa.net/2022/01/cara-mengusir-tikus-dari-rumah-paling.html


Sebagaimana diketahui bahwa, tikus adalah salah satu jenis hewan pengerat yang keberadaannya cukup mengganggu di rumah. Tikus bahkan dapat melewati ruang sempit karena ukurannya yang kecil. Jika rumah Anda dimasuki tikus, dengan mengetahui lokasi mereka akan membantu Anda menyingkirkannya lebih cepat. Lalu bagaimanakah cara paling cepat mengusir tikus dan paling aman.


Salah satu tanda adanya tikus di rumah yaitu dengan mengamati bekas tinja hitam yang mereka tinggalkan sebagai petunjuk keberadaan mereka. Setelah Anda mengetahui keberadaan tikus di rumah, cobalah anda terapkan beberapa cara mengusir tikus dibawah ini:

Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Efektif dan Sudah Terbukti

1. Pelihara kucing

Jika tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi kucing, dengan memelihara kucing mungkin merupakan cara termudah untuk mengusir tikus dari rumah. Kucing merupakan hewan pemangsa tikus yang paling lincah dan efektif dan keberadaan kucing dirumah sangat ditakuti oleh binatang yang namanya tikus.

2. Gunakan minyak esensial

Aroma minyak peppermint dan minyak cengkeh yang kuat bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengusir tikus dari rumah. Silakan anda basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Meskipun baunya saja tidak akan cukup untuk mengusir tikus sepenuhnya, langkah ini dapat diterapkan dengan metode lain.

3. Pasang perangkap manusiawi

Perangkap yang sifatnya manusiawi membuat tikus tetap hidup sehingga Anda bisa melepaskannya. Tempatkan perangkap tikus di area rumah yang menjadi jalan tikus dan periksa setiap pagi. Tikus biasanya keluar mencari makan di malam hari. Contoh makanan enak untuk menarik perhatian tikus termasuk selai kacang, keju, dan popcorn mentega.

Pastikan untuk melepaskan setiap tikus yang Anda tangkap setidaknya 1,6 km jauhnya dari rumah Anda, dan sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Jangan anda sentuh secara langsung tikus, hal ini untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawanya.

4. Cobalah larutan cabai

Makanan yang beracun mungkin tampak seperti solusi yang sangat mudah dalam rangka membasmi keberadaan tikus dirumah, tetapi hal ini bisa juga berisiko. Racun dapat membuat hewan peliharaan dan anak-anak terpapar sakit, jadi lebih aman menggunakan umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah larutan cabai pekat. Semprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi tempat yang sering dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

5. Gunakan perangkap Anda sendiri

Cobalah anda buat perangkap Anda sendiri yang mudah digunakan dengan menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah tangga misalnya: Ember, tongkat, dan gelas plastik: Tusuk gelas dengan tongkat dan letakkan alat tongkat dan gelas di bagian atas ember yang terbuka. Oleskan selai kacang pada cangkir sebagai umpan. Tikus harus lari ke cangkir, dan kemudian jatuh ke dalam ember. Lepaskan tikut di pagi hari. Ulangi sesuai kebutuhan.

Gelas dan koin: Menggunakan gelas besar dengan selai kacang yang diolesi di dalamnya, seimbangkan satu sisi pada koin tegak. Saat tikus berlari untuk mendapatkan selai kacang, ia akan menjatuhkan koin dan terperangkap di dalam gelas. Ulangi sesuai kebutuhan.

6. Kemas ruang dengan wol baja (steel wool)

Silakan anda masukkan wol baja ke dalam ruang sempit yang suka dimasuki tikus. Wol baja tidak mungkin dan tidak enak untuk dikunyah dan akan menjadi pencegah alami bagi tikus kecil.

7. Blok dengan lakban

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa titik masuk yang digunakan tikus, seperti di bawah wastafel di sekitar pipa atau di bagian belakang lemari yang terdapat kabel, tutupi dengan selotip.

Secara umum, cara mengusir tikus dari rumah dengan perangkap lebih disukai daripada umpan racun karena tidak terlalu berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan di rumah. Tetapi jika Anda menghadapi serangan hama yang parah yang dapat membahayakan keluarga Anda, silakan anda pertimbangkan untuk menggunakan perangkap pegas atau hubungi jasa pengendalian hama profesional.

Demikianlah artikel singkat tentang Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Efektif dan Sudah Terbukti. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.net