Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar PKH 2022 Pakai Cara Ini! Februari Cair Rp750 Ribu per Orang: Download Aplikasi atau Bawa KTP ke Sini

Daftar PKH 2022 Pakai Cara Ini! Februari Cair Rp750 Ribu per Orang: Download Aplikasi atau Bawa KTP ke Sini

Daftar PKH 2022 Pakai Cara Ini! Februari Cair Rp750 Ribu per Orang: Download Aplikasi atau Bawa KTP ke Sini

Masyarakat dapat lakukan daftar Program Keluarga Harapan( PKH) tahun 2022 melalui dua cara, dapat secara manual ataupun online. Bila terdaftar selaku penerima bansos PKH, bantuan sampai Rp750 ribu per orang dapat cair ke rekening di tiap tahapnya.

Cara daftar bansos PKH secara manual bisa dicoba dengan membawa berkas KTP serta Kartu Keluarga( KK) ke kantor Desa/ Kelurahan.

Sedangkan buat daftar PKH via online dapat dicoba dengan cara unduh aplikasi formal dari Kementerian Sosial( Kemensos) bernama Aplikasi Cek Bansos.

Pada tahun 2021 kemudian, bansos PKH cair ke rekening penerima manfaat secara bertahap ataupun per tiga bulan, dengan skema:

• Tahap 1: Januari, Februari, Maret

• Tahap 2: April, Mei, Juni

• Tahap 3: Juli, Agustus, September

• Tahap 4: Oktober, November, Desember

Maka, jika tahun 2022 tidak ada pergantian maka bulan Januari, Februari, serta Maret masuk dalam penyaluran tahap 1.

Pada penyaluran tahap 1 Februari 2022 mendatang, besaran bansos yang cair ke rekening mencapai Rp750 ribu per orang buat golongan ibu hamil dan balita.

Sedangkan buat golongan PKH disabilitas serta lanjut usia akan cair Rp600 ribu, setelah itu untuk siswa SD Rp225 ribu per orang, siswa SMP Rp375 ribu per orang, dan siswa SMA Rp500 ribu per orang.

Masing– masing golongan penerima manfaat mempunyai ketentuan tertentu supaya bisa dapat bansos PKH 2022, berikut rinciannya:

• Ibu hamil: Maksimal dua kali kehamilan

• Balita: Umur 0– 6 tahun, maksimal dua anak dalam satu KK

• Lansia: Umur di atas 70 tahun, maksimal satu orang dalam satu KK

• Disabilitas: Tercantum dalam disabilitas berat fisik serta mental, maksimal satu orang dalam 1 KK

• Siswa SD, SMP, Sekolah Menengah Kejuruan(SMK): Umur 6– 21 tahun, belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, terdaftar di sekolah/ pendidikan kesetaraan, minimal 85 persen kehadiran di kelas tiap bulannya

Tetapi sebelum penuhi segala ketentuan di atas, Kemensos mengantarkan kalau yang sangat berarti sebelum jadi penerima PKH 2022 ialah telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS).

“ Berarti! Tiap calon penerima manfaat bantuan sosial wajib terdaftar di DTKS,” tulis Kemensos dalam Infografis 15 Januari 2022 kemudian dalam laman resmi kemensos. go. id.

Cara Daftar Bansos PKH 2022


Bila belum terdaftar DTKS, dapat daftar lewat cara berikut ini:

1. Manual

Cara manual bisa dicoba dengan cara melampirkan KK dan KTP ke kantor Kelurahan/ Desa dan setelah itu pihak Kelurahan akan melaksanakan musyawarah.

Hasil musyawarah nantinya akan diteruskan ke bupati/ wali kota untuk berikutnya diserahkan kepada Menteri Sosial.

2. Online

Ajukan pendaftaran diri, orang sebelah, kerabat, ataupun orang yang mungkin membutuhkan ke Aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh lewat Google Playstore yang ada di Android.

Buka Aplikasi Cek Bansos, setelah itu klik“ Tambah Usulan” serta masukkan data pendaftar sesuai KTP.

Setelah itu, cek online dapat dicoba lewat Aplikasi Cek Bansos ataupun dapat klik link cekbansos. kemensos. go. id serta masukkan data diri serta alamat sesuai KTP.

Jika lolos, maka bisa jadi penerima bansos PKH 2022 serta bantuan sampai Rp750 ribu per orang dapat cair ke rekening masing– masing penerima pada bulan Februari ataupun di tahap 1 ini.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Daftar PKH 2022 Pakai Cara Ini! Februari Cair Rp750 Ribu per Orang: Download Aplikasi atau Bawa KTP ke Sini