Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Viral Daun Sirih Bisa Atasi Batuk Pilek pada Bayi, Ini Kata Dokter

Viral Daun Sirih Bisa Atasi Batuk Pilek pada Bayi, Ini Kata Dokter

                              Viral Daun Sirih Bisa Atasi Batuk Pilek pada Bayi, Ini Kata Dokter

Beberapa hari terakhir media sosial ramai mengenai postingan maupun link tentang manfaat daun sirih buat bayi yang batuk pilek. Disebutkan dalam postingan serta link tersebut kalau menempelkan daun sirih dapat membuat dahak bayi yang sakit keluar.

" Bayi Batuk Pilek Tidak Perlu Obat Kimia, Cukup Selembar Daun Sirih Tempel Di Tubuhnya, Ga Lama Dahak Keluar Dari Hidungnya," begitu judul artikel dalam sebuah blog yang ramai dibagikan di media sosial itu.

Dalam blog tersebut, sang penulis mengatakan bahwa apabila balita batuk pilek tidak perlu diberi obat. Cukup melekatkan daun sirih yang dipanaskan dapat membuat sang Kecil sembuh. Begini salah satu cuplikan tulisan tersebut:

Daun sìrìhìnì ternyata efektif mapuh menyembuhkan batuk pìlek lho.
Cara mengolahnya pula tìdak sulit:
  1. Panaskan daun sìrìh pd apì lìlìn
  2. Sebaìknya 2 helaì, sehelaì untuk dada sehelaì letak dì punggung bayi
  3. Setelah layu letakkan balsm/ vìcks pd daun sìreh
  4. Letakkan daun sìrìh dì dada baby serta balik babyTak lama kemudìan baby akan bersìn.. haaaa.. keluar cendol hìjau. Baby pun merasa kelegaan, maaf jika gambarnya jorok.
Health Liputan6. com bertanya kepada dokter spesialis anak Trully Kusumawardhani mengenai manfaat daun sirih untuk batuk pilek. Bagi Trully sampai saat ini belum terdapat fakta dengan meletakkan daun sirih di dada serta punggung balita dapat mengobati batuk pilek pada balita.

" Pada prinsipnya dari kedokteran belum ada fakta ilmiah terpaut perihal tersebut," kata Trully. Di dunia penyembuhan kedokteran, segala sesuatu wajib lewat uji klinis ilmiah. Pengujian juga dicoba dengan banyak tahap. " Jadi, tidak dan belum ada saran pemakaian daun sirih terhadap kasus pilek," tekan Trully lagi.

Di dunia kedokteran sendiri, sebagian besar penyebab penyakit batuk pilek karena virus.
" Artinya akan membaik dengan sendirinya tanpa obat," kata dokter yang sehari- hari praktik di Rumah sakit Hermina Kemayoran Jakarta ini.

Baru ketika anak mengalami batuk pilek yang sangat mengganggu boleh diberikan obat untuk melegakan napas ataupun mengencerkan dahaknya. Namun, ingat, kata Trully, pemberian obat wajib cocok petunjuk serta resep dokter.

Tidak hanya itu, orangtua butuh melakukan perawatan pendukung untuk anak yang sakit pilek. Ialah:

1. Cukupi nutrisi dan cairan

Pemberian nutrisi atau asupan wajib tercukupi. Lalu, cairan pula harus cukup agar tubuhnya terhidrasi." Umumnya, anak agak sedikit demam dan malas makan dan minum( pada saat batuk pilek)," tuturnya.

2. Jaga Kebersihan dan lingkungan

Saat anak batuk, tutup mulut dengan tangan serta mencuci tangan setelah itu. Saat menyeka ingus pastikan memakai kain lembut." Apabila memakai tisu, buang ke tempat sampah," anjuran wanita kelahiran Semarang ini.

3. Cukup istirahat

" Usahakan anak cukup istirahat aga segera pulih," tutur Trully.


Artikel ini telah tayang di https://www.liputan6.com/health dengan judul “Viral Daun Sirih Bisa Atasi Batuk Pilek pada Bayi, Ini Kata Dokter