Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Lengkap dengan Persyaratannya, Calon Mahasiswa Segera Lakukan Pendaftaran!

Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Lengkap dengan Persyaratannya, Calon Mahasiswa Segera Lakukan Pendaftaran!

                              Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Lengkap dengan Persyaratannya, Calon Mahasiswa Segera Lakukan Pendaftaran!

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 telah dibuka pada hari Rabu( 2/ 2/ 2022). Melalui program ini, pemerintah berikan bantuan subsidi biaya hidup sebesar Rp 700 ribu per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan tiap- tiap daerah. Lalu, gimana cara daftar KIP Kuliah 2022?

Syarat KIP Kuliah 2022 merupakan siswa SMA ataupun sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan ataupun sudah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, dan mempunyai NISN, NPSN serta NIK yang valid. Kemudian, gimana cara daftar KIP Kuliah 2022?

Tidak hanya itu, siswa tersebut juga mempunyai potensi akademik baik, memiliki salah satu di antara Kartu KIP ataupun Kartu/ Keluarga Sejahtera serta terkendala keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti dokumen yang sah. Berikutnya, siswa harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, serta diterima di PTN ataupun PTS pada Prodi dengan Akreditasi A, B ataupun C dengan pertimbangan tertentu. Ikuti berikut cara daftar KIP Kuliah 2022.

Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Bila telah memenuhi syarat di atas, siswa dapat langsung daftar KIP Kuliah 2022 dengan cara- cara yang telah dibagikan oleh web resmi Kemdikbud, antara lain:
  1. Melaksanakan pendaftaran mandiri di kip- kuliah. kemdikbud. go. id ataupun lewat KIP Kuliah mobile apps yang segera ada di Google Play Store.
  2. Memasukkan NIK, NISN, NPSN serta alamat email. Pastikan poin yang ditulis ialah data yang valid serta aktif.
  3. Menunggu validasi dari sistem yang akan mengecek NIK, NISN serta NPSN dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  4. Bila proses validasi sukses, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan No Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah serta memilih jalur seleksi yang akan diikuti antara lain: SNMPTN/ SBMPTN/ SMPN/ UMPN/ Mandiri
  6. Berikutnya adalah proses pendaftaran di portal ataupun sistem data seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.
Untuk calon penerima KIP Kuliah yang diterima di Perguruan Tinggi, akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi saat sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Perlu diingat, NIK yang dimasukkan ke dalam sistem akan digunakan untuk mendapatkan informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial( DTKS) Kemensos.
Siswa yang tidak/ belum terdaftar di DTKS wajib melengkapi data ekonomi serta aset.

Itulah pembahasan mengenai cara daftar KIP Kuliah 2022, selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di https://www.suara.com/news dengan judul “Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Lengkap dengan Persyaratannya, Calon Mahasiswa Segera Lakukan Pendaftaran!