Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA Daftar KIP Kuliah, Dana Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester

CARA Daftar KIP Kuliah, Dana Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester

                                    CARA Daftar KIP Kuliah, Dana Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester

CARA Daftar KIP Kuliah, Dana Bantuan sampai Rp 12 Juta Per Semester, Berikut Jadwal Pendaftarannya. Untuk kalian calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di tahun 2022, tetapi terkendala biaya kuliah, jangan takut.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Studi serta Teknologi( Kemendikbud Ristek) membantu calon mahasiswa untuk senantiasa memperoleh hak pendidikan tinggi lewat Kartu Indonesia Pintar( KIP) Kuliah Merdeka. Dalam 10 tahun terakhir, data Kemendikbud Ristek mendapati, jumlah mahasiswa tidak mampu yang menerima beasiswa Bidikmisi serta KIP Kuliah telah meningkat 10 kali lipat.

Sebab itulah, semenjak tahun 2021 Menteri Pendidikan serta Kebudayaan( Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan perubahan skema KIP Kuliah. Diganti jadi KIP Kuliah Merdeka untuk berikan bantuan biaya pendidikan serta biaya hidup yang jauh lebih besar.

Bila pada tahun 2020, Kemendikbud Ristek menganggarkan KIP Kuliah sebesar Rp 1, 3 triliun, hingga di tahun 2021 anggaran KIP Kuliah bertambah Rp 2, 5 triliun.mDengan perubahan skema KIP Kuliah pada 2021, Nadiem Makarim berharap program ini tidak cuma memberikan peluang untuk siswa untuk menggapai pendidikan tinggi, tetapi menjadi langkah untuk memperbaiki keadaan ekonomi.

Bantuan Biaya Kuliah sampai Rp 12 Juta Per Semester Tujuan ditingkatkannya anggaran KIP Kuliah, dijelaskan Nadiem Makarim untuk mendorong calon mahasiswa dari keluarga kurang sanggup namun berprestasi. Supaya lebih berani untuk melamar ke program riset unggulan di universitas terbaik, baik Perguruan Tinggi Negara( PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta( PTS).

Pasalnya, skema KIP Kuliah sebelumnya yang memukul rata bantuan biaya pembelajaran cuma Rp 2, 4 juta per semester ternyata tidak efektif. Banyak universitas yang menolak peserta KIP Kuliah masuk ke prodi unggulan akibat biaya bantuan pendidikan yang kecil.

Sehingga banyak mahasiswa berprestasi penerima KIP Kuliah yang akhirnya masuk ke prodi tidak terkenal. Atas dasar seperti itu, terang Nadiem Makarim, mulai tahun 2021 bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah dapat mencapai Rp 12 juta per semester untuk prodi terakreditasi A.Tidak cuma itu, bantuan biaya hidup pula meningkat pada tahun ini.

Disesuaikan dengan indeks harga suatu daerah di mana mahasiswa penerima KIP Kuliah berkuliah Besaran Dana KIP Kuliah 2021 Biaya pendidikan pada KIP Kuliah 2021 disesuaikan dengan program riset. Bila tadinya rata- rata besaran uang kuliah Rp 2, 4 juta per semester.

Hingga untuk di 2021 terbagi sesuai akreditasi prodi, dengan rincian:Bantuan biaya
  • pendidikan prodi akreditasi A: maksimal Rp 12 juta per semester
  • Bantuan biaya pendidikan prodi akreditasi B: maksimal Rp 4 juta per semester
  • Bantuan biaya pendidikan prodi akreditasi C: maksimal Rp 2, 4 juta per semester
Sedangkan itu, untuk bantuan biaya hidup, apabila sebelumnya biaya hidup disamakan untuk seluruh wilayah Rp 700. 000 per bulan, saat ini dibagi atas 5 besaran, ialah:
  1. Biaya hidup kluster 1: Rp 800. 000 per bulan
  2. Biaya hidup kluster 2: Rp 950. 000 per bulan
  3. Biaya hidup kluster 3: Rp 1, 1 juta per bulan
  4. Biaya hidup kluster 4: Rp 1, 25 juta per bulan
  5. iaya hidup kluster 5: Rp 1, 4 juta per bulan

Cara Daftar KIP Kuliah Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah.

Berikut ini tahapan yang wajib dilalui peserta.
  1. Siswa bisa langsung melaksanakan pendaftaran secara mandiri di website Sistem KIP Kuliah pada halaman kip- kuliah. kemdikbud. go. id ataupun lewat KIP Kuliah mobile apps.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN serta alamat email yang valid serta aktif
  3. Sistem KIP Kuliah berikutnya akan melakukan validasi NIK, NISN serta NPSN, dan kelayakan memperoleh KIP Kulia
  4. Bila proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah berikutnya akan mengirimkan No Registrasi serta Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah serta memilih jalur seleksi yang hendak diikuti( SNMPTN/ SBMPTN/ SMPN/ UMPN/ Mandiri)
  6. Berikutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal ataupun sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dicoba setelah itu dengan skema host- to- host.
Untuk calon penerima KIP Kuliah yang sudah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, bisa dicoba verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi saat sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Jadwal Pendaftaran Kemendikbud Ristek saat ini belum merilis jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022. Tetapi, bila mengacu pada 2021, pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah dimulai awal Februari 2022.

Sedangkan pendaftaran KIP Kuliah disesuaikan dengan jalur masuk PTN maupun PTS yang ditempuh calon mahasiswa.


Artikel ini telah tayang di https://bali.tribunnews.com/ dengan judul “CARA Daftar KIP Kuliah, Dana Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester