Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek DA dan PA Blog Untuk Keperluan SEO

Cara Cek DA dan PA Blog Untuk Keperluan SEOGoogle telah mengumumkan bahwa tidak lagi menggunakan PageRank untuk menentukan peringkat SEO sebuah website.

Tentunya informasi ini membuat geger dikalangan para pelaku SEO saat itu, ditambah lagi John Muller yang menjadi pusat perhatian para SEO master di dunia mengumumkan bahwa “Kami mungkin tidak akan memperbaruinya (PageRank) lebih lanjut”.
https://www.juragandesa.net/2022/02/cek-da-pa-domain.html


Tidak lama kemudian website SearchEngineLand.com langsung menghapus toolbar PageRank.


Akibat PageRank sudah mati, Untuk saat ini yang menjadi stkamurt SEO untuk website adalah Domain Authority dan Page Authority website.

DA dan PA menjadi stkamurt untuk menentukan sebuah website blog berkualitas atau tidak.

Semakin tinggi nilain DA dan PA maka semakin bagus pula kualitas suatu website.

DA dan PA menjadi alternative lain yang bisa mengantikan PageRank sebagai metric untuk menentukan kualitas dari suatu website.

Nah..! untuk lebih jelasnya tentang pembahasan apa itu DA dan PA silahkan kamu ikuti penjelasan berikut ini.

Apa Itu DA

Domain Authority atau yang disingkat dengan DA adalah suatu acuan yang dibuat oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat sebuah website atau blog.

Semakin besar peringkat DA yang dimiliki sebuah website atau blog maka semakin bagus untuk bersaing di mesin pencarian Google.

Biasanya skala yang diberikan dari angka 1 sampai 100.

Terdapat 3 hal yang menetukan tinggi rendahnya skor DA dari suatu website atau blog, berikut ini pembahasannya:

1. Usia Domain

Semakin tua usia domain maka peringkat DA akan semakin bertambah pula. Tetapi dengan catatan bahwa website atau blog Kamu selalu melakukan update rutin dengan konten-konten yang berkualitas.

Oleh karena itu DA tinggi menunjukan sebuah website atau blog tersebut konsisten sehingga Google berhak memberikan nilai yang tinggi yang memiliki pengaruh lebih mudah mendapatkan peringkat dihalaman pencarian google.

2. Popularitas Domain

Semakin populernya sebuah website atau blog yang Kamu miliki bisa dilihat dari banyaknya link-link yang masuk berasal dari website berkualitas.

Satu hal yang perlu kamu catat adalah kualitas link yang masuk, bukan kuantitasnya.

Link yang masuk menuju website Kamu bisa disebut inbound link atau lebih dikenal dengan backlink.

Cara mudah untuk mendapatkan backlink adalah dengan cara membuat konten yang berkualitas, sehingga banyak website atau blog yang merekomendasikan website Kamu pada mesin pencari.

Solusi lainnya adalah Kamu bisa melakukan guest post kepada website yang berkualitas dan memiliki pembahasan yang sama dengan kategori website Kamu.

3. Ukuran Domain

Ukuran domain dilihat dari banyaknya konten berkualitas yang sudah Kamu publish. Semakin banyak berarti semakin besar pula ukuran domain website yang Kamu miliki.

Jadi Kamu perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan investasi konten yang berkualitas.

Nah dari ketiga hal tersebut di atas, mesin pencari terutama Google akan menentukan seberapa besar skor Domain Authority website atau blog yang Kamu kelola.

Domain Authority merupakan salah satu dari sekian banyak metric yang digunakan mesin pencari untuk menentukan seberapa berkualitasnya suatu domain.

Apa Itu PA


Pada saat mendengar istilah Domain Authority, biasanya pada saat yang bersamaan dikuti pula dengan istilah Page Authority.

Lalu apa sebenarnya Page Authority itu apakah sama dengan Domain Authority? Jawabnya tidak sama.

Page Authority adalah penilaian dari mesin pencari tentang seberapa berkualitasnya suatu halaman. Jika DA tadi yang dicek adalah keseluruhan domain, maka PA yang dicek hanya halamannya saja.

Contoh mudahnya DA adalah sebuah rumah dan PA adalah kamarnya. Jadi keduanya merupakan suatu kesatuan, biasanya banyak ditemui skor DA lebih rendah dibandingkan dengan PA pada website.

Cara Cek DA dan PA

Bagi Kamu yang masih bingung bagaimanakah cara untuk cek DA dan PA blog tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah sekali.

Terdapat beberapa website yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek DA PA website, berikut daftarnya:
Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Cek DA dan PA Blog Untuk Keperluan SEO. Semoga bermanfaat.