Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencairan Bansos 2022 Februari Dipercepat, Termasuk PKH, Kartu Sembako BPNT, hingga BLT Dana Desa

Penyaluran sejumlah bantuan sosial atau bansos seperti, PKH, BPNT/Kartu Sembako, hingga BLT Dana Desa dipercepat tanggal pencairannya pada bulan Februari 2O22.

Keputusan mempercepat penyaluran bansos tahun 2O22 untuk program PKH, BPNT/Kartu Sembako hingga BLT Dana Desa sesuai tanggal yang ditetapkan ini, diumumkan Kementerian terkait dalam rapat yang baru-baru ini digelar.
Pencairan Bansos 2022 Februari Dipercepat, Termasuk PKH, Kartu Sembako BPNT, hingga BLT Dana Desa


Adapun percepatan penyaluran bansos PKH, BPNT/Kartu Sembako, hingga BLT Dana Desa merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

Pemerintah menargetkan penyaluran bansos harus selesai dalam dua pekan terakhir di bulan Februari tahun 2O22.

“Kemensos, Kemendes, dan Kemendikbud agar segera mempercepat penyaluran bansos tahun 2O22 di dua minggu terakhir bulan Februari,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Tingkat Menteri Percepatan Bansos 2O22 seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari situs resmi Kemenko PMK.

Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam kesempatan tersebut meminta seluruh pihak untuk dapat berkomitmen dalam mengawal percepatan penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2O22.

Terkait data, proses administrasi dan penyesuaian regulasi harus selesai di minggu pertama Februari tahun 2O22.

Sosialisasi percepatan penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2O22 menurut Menko PMK juga segera dilakukan oleh kementerian/lembaga dan pemda, sehingga keluarga penerima dapat mengetahui besaran Bantuan Sosial Tahun 2O22 yang diterima, jadwal pencairan bansos, dan tujuan penggunaan bansos secara tepat.

“Bansos yang dikelola Kemensos yaitu Program Sembako dan PKH juga harus dipastikan agar diterima masyarakat sebelum bulan Maret tahun 2O22. Langkah percepatan salur seperti yang sudah direncanakan oleh Kementerian Sosial,” kata Muhadjir.

Untuk pencairan bansos PKH tahap I, akan disalurkan oleh bank mulai tanggal 21 Februari 2O22. Sedangkan, bansos BPNT/Kartu Sembako disalurkan melalui PT Pos rapel Januari-Maret dimulai tanggal 22 Februari 2O22.

Sementara itu, BLT Dana Desa yang dikelola Kemendes PDTT juga pencairannya dipercepat yakni bulan Februari tahun 2O22.

Menurut Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, penyaluran BLT Desa 2O22 akan dipercepat dan dilakukan secara rapel.

Lalu, sehubungan dengan Program Indonesia Pintar (PIP), juga akan dipercepat penyalurannya.

Terkait hal-hal yang masih menghambat percepatan penyaluran PIP, seperti data NIK siswa yang belum padan antara Dapodik dan Dukcapil agar segera disinkronkan termasuk regulasi yang perlu segera dibuat untuk penyaluran yang tidak langsung (memerlukan kuasa).

Guna memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2O22, Menteri BUMN diminta untuk memastikan kesiapan penyalur bansos dalam hal ini bank dan PT Pos.

Diharapkan melakukan evaluasi harian kinerja penyalur pada penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2O22di dua minggu terakhir Februari 2O22. Lalu, bansos 2O21 untuk segera dituntaskan.

“Untuk Himbara dan BSI bersama pemerintah daerah harus segera menyelesaikan Bantuan Sosial Tahun 2O22yang belum salur dan memastikan paling lambat Februari 2O22 ini dapat turut diselesaikan,” ujar Menko PMK.

Sebagai informasi, dalam rapat tersebut, turut hadir Mensos Tri Rismaharini, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti, Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata, Plt. Dirjen Bina Bangda Kemendagri Sugeng, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Kepala BPS Margo Yuwono, Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Nasrun Fahmi, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Sapriadi, Dirut PT Pos Faizal R Djoemadi, dan perwakilan Himbara.

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Pencairan Bansos 2O22 Februari Dipercepat, Termasuk PKH, Kartu Sembako BPNT, hingga BLT Dana Desa"