Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siap-Siap, Inilah Bansos yang Cair di Februari 2022, dari Rp300 Ribu Sampai Rp3 Juta

Siap-Siap, Inilah Bansos yang Cair di Februari 2022, dari Rp300 Ribu Sampai Rp3 Juta

Siap-Siap, Inilah Bansos yang Cair di Februari 2022, dari Rp300 Ribu Sampai Rp3 Juta

Bantuan sosial alias bansos masih ada pada 2022. Setidanya ada tiga jenis bansos yang masih akan diberikan oleh pemerintah dengan jenis serta jumlah yang bermacam- macam.

Pemberian bansos tetap dilakukan pemerintah demi menolong masyarakat agar lekas pulih pasca terimbas pandemi Covid- 19 yang telah hampir dua tahun berlangsung.

Bansos juga disalurkan untuk mengungkit daya beli serta tingkat kesejahteraan masyarakat.

Berikut daftar bansos yang akan diberikan pemerintah pada 2022:

Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja dipastikan kembali bergulir tahun depan. Rencananya, gelombang Kartu Prakerja berikutnya dibuka pada Februari 2022.

Kartu Prakerja ialah bantuan untuk masyarakat yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan, ataupun usahanya terdampak sebab pandemi Covid- 19. Program ini dimulai sejak 2020.

Dalam program ini, setiap peserta yang lolos berhak mendapat dana Rp 3, 55 juta. Dari jumlah tersebut, dana sebesar Rp 1 juta diberikan untuk peserta membeli paket pelatihan daring.

Usai melaksanakan pelatihan serta memperoleh sertifikat kelulusan awal, peserta hendak memperoleh dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana tersebut akan disalurkan selama empat bulan dengan jumlah yang sama.

Tidak hanya itu, para peserta akan memperoleh dana bonus sebesar Rp 150 ribu setelah mengisi tiga kali survei.

Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT)& Program Keluarga Harapan( PKH)

BPNT serta PKH dipastikan tetap mengalir pada 2022. Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat( KPM).

BPNT yang diberikan nilainya mencapai Rp 200 ribu per bulan untuk masing- masing KPM.

Sedangkan untuk PKH, diberikan kepada KPM yang mempunyai kriteria tertentu ialah, keluarga yang mempunyai ibu hamil/ bayi akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun.

Setelah itu, PKH untuk keluarga yang mempunyai anak SD menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1, 5 juta serta anak SMA Rp 2 juta per bulan.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/ lanjut usia, maka bansos PKH yang diterima merupakan Rp 2, 4 juta.

Apabila suatu keluarga mempunyai 2 anak SD, hingga bantuan sosial/ bansos PKH yang diberikan berlipat ganda, ialah Rp 900 ribu ditambah Rp 900 ribu jadi Rp 1, 8 juta per tahun.

Bantuan Langsung Tunai( BLT) Dana Desa

BLT Dana Desa akan diberikan pada tahun depan dengan besaran Rp 300 ribu per keluarga.

Selain tiga bansos di atas, pemerintah mulai Februari 2022 akan meluncurkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan( JKP) yang ialah mandat dari Peraturan Pemerintah( PP) 37/ 2021 tentang Penyelenggaraan Program JKP.

Program ini dapat dimanfaatkan para pekerja yang terdampak PHK serta memenuhi ketentuan tertentu. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai, informasi lapangan kerja, hingga pelatihan kerja.

Berbagai fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk pekerja yang telah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan menuntaskan iuran paling sedikit 12 bulan dalam 24 bulan, ataupun paling tidak sudah membayar iuran enam bulan berturut- turut saat sebelum PHK.

Penerima program ini merupakan pekerja ataupun buruh yang telah terdaftar ataupun baru saja didaftarkan oleh perusahaan dalam program jaminan sosial.

Artikel ini telah tayang di www.cnbcindonesia.com dengan judul “Ini Bansos yang Cair di 2022, dari Rp300 Ribu Sampai Rp3 Juta