Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Fakta Bansos Tambahan Rp200.00 Cair Sebelum Bulan Puasa, Nomor 3 Jokowi Minta Dipercepat

5 Fakta Bansos Tambahan Rp200.00 Cair Sebelum Bulan Puasa, Nomor 3 Jokowi Minta Dipercepat

                             5 Fakta Bansos Tambahan Rp200.00 Cair Sebelum Bulan Puasa, Nomor 3 Jokowi Minta Dipercepat

Pemerintah akan mencairkan bansos tambahan senilai Rp200.000 sebelum bulan puasa. Bansos tambahan Rp200. 000 ini diberikan untuk pemegang kartu Sembako menjelang Ramadan 2022.

Berikut fakta- faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin( 14/ 3/ 2022).

1. Disetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani

Bansos tambahan Rp200. 000 cair setelah Menteri Sosial( Mensos) Tri Rismaharini berkoordinasi dengan Menteri Keuangan( Menkeu) Sri Mulyani mengenai pengalokasian anggaran bansos ekstra yang sudah disetujui Kementerian Keuangan( Kemenkeu).


2. Bansos Tambahan untuk 18, 8 Juta Keluarga

Bansos ekstra tambahan ini dialokasikan kepada 18, 8 juta Keluarga Penerima Manfaat( KPM) sebagai program pemulihan ekonomi nasional( PEN) semasa Covid- 19. " Tadi saya di- WA( Whatsapp) Bu Menkeu untuk kami menyalurkan( bansos) ekstra tambahan untuk bantuan penerima manfaat. Jadi Insya Allah nanti untuk sebelum puasa kita keluarkan," ucap Mensos Tri Rismaharini, usai membagikan bantuan korban banjir bandang di Kabupaten Malang, pada Pekan siang( 13/ 3/ 2022).

3. Sesuai Arahan Presiden Jokowi

Risma menarangkan, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, akan ada percepatan penyaluran bansos sebelum datangnya bulan Ramadan. " Ini karena pak presiden minta percepatan kita bantu 3 bulan pertama. Serta ini bisa jadi pula karena untuk mendekati hari puasa hingga kita akan bantu," katanya.

4. Tidak Dalam Bentuk Barang

Menurutnya, Presiden Jokowi pula sudah mengeluarkan Peraturan Presiden( Perpres) mengenai penyaluran Bansos, hingga ia mendorong penyaluran bansos tidak wajib dalam wujud benda. " Yang jelas aturannya di Perpres tidak wajib dalam wujud benda, itu opsi sesuai penerima manfaat serta pula tidak boleh dipaketkan. Jadi kebutuhan itu terserah, di Perpres itu terdapat, di Perpres itu

5. Anggaran Bansos Tambahan

Pemerintah membagikan bantuan tambahan lewat kartu Sembako sebesar Rp 200 ribu. Penerima bantuan ekstra ini ialah KPM BPNT yang hendak memperoleh tambahan bantuan masing- masing.

Sejauh ini pemerintah sudah mencairkan BPNT kepada 18, 8 juta KPM. Pemerintah menganggarkan anggaran sebesar Rp 45, 12 triliun untuk program bantuan sosial kepada masyarakat.


Artikel ini telah tayang di https://economy.okezone.com/read dengan judul “5 Fakta Bansos Tambahan Rp200.00 Cair Sebelum Bulan Puasa, Nomor 3 Jokowi Minta Dipercepat